SIKAP INKLUSIVITAS BERAGAMA ANAK DI TK SWASTA KHAYRI BAIHAQI PINANGGRIPAN ASAHAN

Authors

  • Sri Ayunita Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Fuji Rahmadi P Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20298

Keywords:

Sikap Beragama, Inklusif, Anak Usia Dini

Abstract

Sikap beragama anak usia dini dipengaruhi oleh lingkungan sekitar seperti orang tua, keluarga, guru dan lingkungan bermain anak. Disaat anak memasuki dunia pendidikan anak usia dini, maka anak akan berinteraksi dengan guru dan teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami sikap inklusivitas beragama anak usia dini di TK Swasta Khayri Baihaqi dan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam membangun sikap inklusivitas beragama anak di TK Swasta Khayri Baihaqi Pinanggripan Asahan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi partispatif dan wawancara mendalam. Data dianalisis dengan tahapan kondensasi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap beragama anak di TK Swasta Khayri Baihaqi menunjukkan inklusifitas dengan ketentuan menerima perbedaan yang ada, tidak saling menyalahkan, tidak merasa yang paling benar, hal tersebut merupakan stimulus yang diberikan oleh guru secara berkesinambungan. Sikap inklusifitas beragama anak dapat membentuk generasi emas yang santun dalam beragama dan mewujudkan kesalehan individual serta kesalehan sosial. Kendala yang dihadapi guru dalam membangun sikap beragama anak yang inklusif yaitu kurangnya koordinasi dan kolaborasi yang dibangun antara pihak sekolah dengan orang tua dan keluarga. Doktrin keagamaan yang fanatik menghambat guru dalam memberikan stimulus inklusif dalam sikap beragama anak.

References

A D Badruzzaman and S Rena. 2020. Implementasi Pendidikan Berbasis Fitrah Manusia Dalam Penanaman Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Di TK Islam El-Qalam Pamulang repository.iiq.ac.id.

A Wahyudi. 2020. Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19, JCE (Journal of Childhood Education), 4, No 1.

Ahmad Yusuf Prasetiawan and others. 2021. Sikap Keberagamaan Siswa Di Sekolah Islam Terpadu, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, Vol. 6. No. 2.

Dadan Suryana. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini (Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak, Jakarta: Kencana.

E S Ahmad. 2020. Peran Keluarga Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 19 (2).

E.B. Surbakti. 2012. Parenting Anak-Anak, Jakarta: Elex Media Komputindo.

Endang Maria Astuti, 2020. Pola Penerapan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini KB-TK Aisyiyah Boyolali Berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31, Lisyabab: Jurnal Studi Islam dan Sosial, Vol. 1. No.1.

Fita Mustafida. 2020. Integrasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)’, Jurnal Pendidikan Islam Indonesia. Vol. 4. No. 2.

I W Sumertha. 2021. Pola Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Agama Hindu’, Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen. Vol. 5. No. 1.

Konik Naimah. 2020. Pendidikan Agama Islam Sebagai Basic Education Anak Usia Dini, EL WAHDAH, Vo. 1. No. 1.

Lesti Hostini. 2022. Upaya Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Paud Pelita Hati, Early Childhood Research and Practice, Vol. 3. No. 2.

M Angraini, 2020. Cara Orang Tua dalam Menanamkan Pendidikan Agama pada Anak Usia Dini di Jorong Rumbai, Kec. Batipuh Selatan, Kab. Tanah Datar. repo.iainbatusangkar.ac.id.

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

Ayunita, S. ., & P, F. R. (2023). SIKAP INKLUSIVITAS BERAGAMA ANAK DI TK SWASTA KHAYRI BAIHAQI PINANGGRIPAN ASAHAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 720–725. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20298