INOVASI DAN KREATIFITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PEMBELAJARAN ABAD 21

Authors

  • Ni Komang Virmayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Suastra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Suma Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20138

Keywords:

Inovasi, Kreatifitas dan Pembelajaran Abad 21

Abstract

Inovasi adalah suatu ide atau gagasan yang dapat digunakan sebagai pembaharuan untuk mencapai tujuan tertentu yaitu tujuan pendidikan. Sedangkan kreatifitas adalah dimensi kemampuan anak dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Melalui inovasi dan kreatifitas seorang guru ini diharapkan kualitas pendidikan akan semakin baik dan terarah. Adanya tuntutan inovasi dan kreatif tersebut menjadikan guru dalam pelaksanaan pendidikan, diharuskan memiliki ide atau gagasan yang dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan pendidikan. Guru memiliki pengaruh besar terhadap proses pembelajaran, apalagi di masa saat ini atau dikenal dengan pembelajaran abad 21 dimana pembelajarannya berbasis teknologi informasi untuk mengembangkan keterampilan 4C siswa yaitu Critical Thinking and Problem Solving (berpikir kritis dan menyelesaikan  masalah), Creativity (kreativitas),  Communication Skills (kemampuan berkomunikasi), dan Ability to Work Collaboratively (kemampuan untuk bekerja sama). Dengan demikian, inovasi dan kreatifitas dalam pendidikan merupakan hal yang penting dan harus dilakukan agar dunia pendidikan bisa terus berkembang dan berjalan sesuai dengan perkembangan zaman.

References

Abdul, Majid .2013.Strategi Pembelajaran .Remaja Rosdakarya:Bandung.

Afrina, A., Abbas, E. W., & Susanto, H. (2021). The Role of Historical Science in Social Studies Learning Materials for Increasing Values of Student's Nationalism. The Innovation of Social Studies Journal, 3(1), 1-8.

Anis, M. Z. A., Putro, H. P. N., Susanto, H., & Hastuti, K. P. (2020). Historical Thinking Model in Achieving Cognitive Dimension of Indonesian History Learning. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 7894-7906.

Anis, M. Z. A., Sriwati, S., & Mardiani, F. (2020). Sisi Abu-Abu Kausalitas Dan Evaluasinya Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Socius, 9(2), 169-180.

Anis, M. Z. A., Susanto, H., & Fathurrahman, F. (2021). Studi Evaluatif Pembelajaran Sejarah Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan, 5(1), 60-69.

Arends, R. I., Wenitzky, N. E., & Tannenboum, M. D. 2001. Exploring teaching: An introduction to education. New York: McGraw-Hill Companies.

B. Weil, Joyce and Calhoun. 2000. Models Of Teaching. Newyork: A Person Education Company.

Briggs, leslie.1977.Instructional Desain Principles and Aplications.New Jersey:Educational Technology Publication Education and Development, 9(4), 173-177. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 5(1), 35-44.

Efendi, I., Prawitasari, M., & Susanto, H. (2021). Implementasi Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sejarah. Prabayaksa: Journal of History Education, 1(1), 21-25.

Hamzah. B. U. 2011. Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Indrawati. 2009. Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar untuk Guru SD. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam PPPPTK untuk Program BERMUTU.

Joyce, B., & Weil, M. 1980. Model of teaching. New Jersey: Prentice-Hall, Inc

Joyce. B , Weil. M dan Calhoun. E. 2011. Models of Teaching . (terjemahan) edisi kedelapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prawitasari, M. (2015). Metode Pembelajaran Hypnoteaching Melalui Mind Mapping dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA PGRI 6 Banjarmasin).

Prawitasari, M., & Susanto, H. (2021). RETROGRESI PENGGUNAAN MEDIA DARING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal

Rusdiana, A. (2014). Konsep Inovasi Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Sagala, Syaiful. 2005 Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta

Sopandi, W. 2017. The quality improvement of learning processes and achievements through the read-answer-discuss-explain-and create learning model implementation. Proceeding 8th Pedagogy International Seminar 2017: Enhancement of Pedagogy in Cultural Diversity Toward Excellence in Education,

Sukandi. (2020). Pengembangan Media Pendidikan Untuk Inovasi Pembelajaran Pesantren.

Susanto, H. (2020). Profesi Keguruan. Banjarmasin: FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Susanto, H., Irmawati, I., Akmal, H., & Abbas, E. W. (2021). Media Film Dokumenter Masuknya Islam Ke Nusantara dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 9(1).

Syaharuddin, S., & Susanto, H. (2019). Sejarah Pendidikan Indonesia (Era Pra Kolonialisme Nusantara sampai Reformasi). Banjarmasin: FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Wahidah, M. N., Putro, H. P., Syaharuddin, S., Prawitasari, M., Anis, M. Z. A., & Susanto, H. (2021). Dinamika Pendidikan Dasar Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin (1986- 2019). PAKIS (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial).

Downloads

Published

2023-10-21

How to Cite

Virmayanti, N. K. ., Suastra, I. W. ., & Suma, I. K. . (2023). INOVASI DAN KREATIFITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PEMBELAJARAN ABAD 21 . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 515–527. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20138