MODEL PENGEMBANGAN PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SANTRI PONPES MODEREN ZAM-ZAM INTEGRATED ISLAMIC SCHOOL KECAMATAN CILONGOK BANYUMAS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19547Keywords:
Model Pengembangan Program, Tahfidzul Qur'an, Karakter ReligiusAbstract
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model konseptual kegiatan ekstrakurikuler keagamaan melalui program Tahfidzul Qur'an untuk meningkatkan karakter religius siswa di Ponpes Moderen Zamzam Integrated Islamic School (PPM ZIIS) Cilongok Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilakukan di Ponpes Moderen Zam-zam Islamic School (PPM ZIIS). Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan bentuk studi kasus dan pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara. Observasi dan dokumentasi secara langsung di lokasi. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa konsep pendidikan karakter di sekolah Islam terpadu zamzam modern adalah melalui konsistensi dan pembiasaan. Proses pembentukan karakter religius yaitu dengan cara melalui rutinitas hafalan ayat-ayat Al-Qur'an sehingga siswa menjadi terbiasa dengan kegiatan atau rutinitas yang baik dan kebiasaan yang baik maka akan menjadi karakter yang religius. Proses evaluasi hafalan akan menjadi tolak ukur keberhasilan karakter religius yang dibentuk melalui lulusan Tahfidzul Qur'an, semakin banyak siswa yang memiliki kebiasaan baik dalam membaca dan mengulang hafalan maka akan menjadi terbiasa.References
Aat Syafaat, Sohari Sahrani, Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja…hlm 15
Aat Syafaat, Sohari Saharani, Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja (Junvenile Delinquency), (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2008) ,hlm 15
Crosnoe R. Research on Adolescence in the Twenty-First Century. New York: Cambridge Univ. Press; 2017. [Google Scholar]
Depag RI, Al-Qur’an dan terjemah, (Jakarta : PT Serjaya Sentra, 1987), hlm 700
Depdiknas, Media Pembelajaran, (Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dn Menengah Direktorat Tenaga pendidikan, 2003), hlm 2
Daradjat, Zakiah, Remaja Harapan dan Tantangan, (Jakarta: Ruhama, 2001), hlm 49.
Daradjat, Zakiah, Remaja Harapan dan Tantangan, (Jakarta: Ruhama, 2001), hlm 49.
Fathoni, T. (2023). Mengintegrasikan Konsep Vygotsky dalam Pendidikan Islam: Upaya Orang Tua dalam Memaksimalkan Potensi Anak. Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 31–38.
Fatoni, T. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Local Wisdom (studi kasus di TK Islam PAS Munqidzatun Nasyi’ah Desa Wilangan Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo). Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 14(01), 49–62.Irpan Abd. Gafar & Muhammad Jamil, Reformulasi Rancangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Jakarta: Raja Grafindo, 2003), hlm. 37
Moleong, L. J., & Edisi, P. R. R. B. (2004). Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya, 3(01).
Surya, L., & Januarius, T. J. (2021). Standards for Management of Islamic Religious Education in Indonesia. International Research of Economic and Management Education, 1(2), 105-112.
Prawirosentono, S. (2002). Strategi Pengambilan Keputusan Bisnis. Jakarta, PT. Bumi Aksara.
Zamroni, Paradigma Pendidikan Masa Depan. (Yogyakarta: Bigraf Publishing, 2000) hal 90
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan praktek ,( Jakarta: Rineka Cipta, 2006), hlm 299
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Agustanil Arifin, Yesi Elsandra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.