ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV SDN KURIPAN 1 KECAMATAN KARANGAWEN KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2023-2024

Authors

  • Diah Pitaloka Aldaningtyas Universitas PGRI Semarang
  • Eka Sari Setianingsih Universitas PGRI Semarang
  • Intan Rahmawati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39425

Keywords:

Analisis, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Kewarganegaraan.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tergerusnya karakter peserta didik seperti berperilaku tidak sopan, berkelahi, dan merundung. Selain itu Dediknas per tahun 2011 telah mewajibkan semua tingkat pendidikan di Indonesia menyisipkan pendidikan karakter pada proses pendidikannya. Permasalahan proses pembelajaran PPKn kelas IV di SDN Kuripan 1 Kecamtan Karangawen Kabupaten Demak. Studi ini bermaksud mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter pada proses pembelajaran PPKn kelas IV, Menghargai keragaman budaya di lingkungan sekitar kelas IV di SDN Kuripan 1 Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni analisis dengan menggambarkan kejadian melalui data-data dengan bentuk kata-kata atau informasi. Penelitian dilaksanakan di SDN Kuripan 1 Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak kelas IV. Metode penggabungan data berupa observasi (pengamatan) serta wawancara. Teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, pemberlakukan reduksi, penyusunan data, serta menarik simpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwasanya dari kedelapan nilai karakter tersebut, dari guru dan siswa telah menjalankan dengan baik. pada guru Karakter religius mendapatkan presentase 90% atau sangat baik, Karakter Jujur mendapatkan kriteria sangat baik  presentase 81%, Karakter disiplin mendapatkan kriteria sangat baik presentase 81%,  Karakter Toleransi mendapatkan kriteria sangat baik presentase 78%, Karakter menghargai prestasi mendapatkan kriteria presentase 77.5 %, Karakter bersahabat/komunikatif mendapatkan kriteria sangat baik presentase 90%, Karakter cinta damai mendapatkan kriteria sangat baik presentase 84%, Karakter tanggung jawab mendapatkan kriteria sangat baik presentase 87%. Sedangkan pada peserta didik Karakter religius mendapatkan presentase 88% atau sangat baik, Karakter jujur mendapatkan kriteria baik presentase 69%, Karakter disiplin mendapatan kriteria sangat baik presentase 78%, Karakter toleransi mendapatkan kriteria baik presentase 66%, Karakter menghargai prestasi mendapatkan kriteria baik presentase 69%, Karakter bersahabat/komunikatif mendapatkan kriteria sangat baik presentase 78%, Karakter cinta damai mendapatkan kriteria sangat baik presentase 77%, dan karakter tanggung jawab mendapatkan kriteria baik presentase 71%. 

References

Azzet, Akhmad Muhaimin. (2014). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Depdikbud. (2013). Undang-Undang Nomer 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Depdikbud

Fauzi, Fadil Yudha dkk. (2013). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal PPKn UNJ Online. Vol. 1. No. 2. Th. 2013. ISSN. 2337.

Ghufron, Anik (2010). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa pada Kegiatan Pembelajaran. Cakrawala Pendidikan. Th XXIX. Edisi Khusus Dies Natalis UNY. Hlm 13-24.

Insani, N., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar dalam Upaya Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8937-8941.

Moleng, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

____________. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lutfiyani, Irma Ristantina, Eka Sari Setianingsih, Diana Endah Handayani. (2019). Analisis Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Nilai-Nilai Karakter Siswa di SD Negeri Pamongan 2. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12 (2) : 113-122.

Saputra, Edi, (2012). Eksistendi PKn sebagai Pendidikan Nilai dalam Membangun Karakter Bangsa. Tingkap. Vol VIII. No. 2 Th 2012.

Soegeng. (2016). Dasar-Dasar Penelitian Bidang Sosial, Psikologi dan Pendidikan. Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.

_______. (2017). Filsafat Pendidikan. Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.

Susilowati, Evi. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al Miskawaih (Journal of Science Education), Vol I. No. 1. Juli 2022.

Wibowo, Agus. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah: Konsep dan Praktik Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Aldaningtyas, D. P. ., Setianingsih, E. S. ., & Rahmawati, I. . (2024). ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV SDN KURIPAN 1 KECAMATAN KARANGAWEN KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2023-2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 17869–17880. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39425

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.