PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA MATERI MATEMATIKA SMP

Authors

  • Bakhtiar Alfin Angandrowa Hulu Universitas Nias
  • Ratna Natalia Mendrofa Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18925

Keywords:

Modul, Etnomatematika, Discovery Learning, 4D

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang penting dikuasai oleh siswa di sekolah. Namun kenyataannya siswa SMP kelas VIII SMP Negeri 4 Gunungsitoli mengalami hambatan dalam proses pembelajaran karena bahan ajar yang digunakan terbatas. Sehingga siswa tidak mampu belajar mandiri tanpa kehadiran guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul berbasis etnomatematika menggunakan metode discovery learning yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D. Tahap pertama pada model 4D adalah define atau pendefenisian yang dilakukan dengan menganalisis font-end, analisis konsep, analisis tugas dan perumusan tujuan pembelajaran. Pada tahap kedua adalah design atau perencanaan yang dilakukan dengan menyusun tes kriteria, memilih media pembelajaran atau bahan ajar, memilih bentuk penyajian dan mensimulasikan penyajian dengan media pembelajaran atau bahan ajar. Pada tahap ketiga adalah develop atau pengembangan yang dilakukan dengan uji validasi produk, revisi produk, uji coba produk dan revisi produk. Pada tahap keempat adalah disseminate atau penyebaran yang dilakukan dengan validation testing, packaging, diffusion dan adoption. Berdasarkan hasil penelitian, modul yang dikembangkan telah teruji sangat layak oleh validator ahli materi I sebesar 89%, ahli materi II sebesar 95%, ahli bahasa sebesar 97%, dan ahli desain sebesar 98%. Selanjutnya, modul juga sangat praktis digunakan oleh siswa dan guru dengan persentase kepraktisan sebesar 86,25% dan persentase kepraktisan pada tahap penyebaran sebesar 95,06%. Modul juga efektif digunakan dengan persentase sebesar 81,25% untuk tahap pengembangan dan pada tahap penyebaran, memiliki keefektifan sebesar 96,87%. Dari hasil penelitian diatas, maka pengembangan modul berbasis etnomatematika menggunakan metode discovery learning pada materi matematika SMP sudah memenuhi harapan atau tujuan penelitian.

References

Ayuningtyas, A. D., & Setiana, D. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 11–19. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1630

Endah Wulantina, & Maskar, S. (2019). Development of Mathematics Teaching Material Based on Lampungnese Ethomathematics. Edumatica?: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(02), 71–78. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i02.7493

Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. In Universitas Hamzanwadi Press. https://febriliaanjarsari.wordpress.com/2013/01/21/metode-pembelajaran-matematika-inovatif/

Hardiyanti, T.A., Syaf, A.H., & Widiastuti, T. (2022). Pengembangan Modul Berbasis Etnomatematika Pada Materi Barisan Dan Deret. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 285–300.

Kodir, A. (2018). Manajemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. 232.

Kurniawan, W., & Hidayati, T. (2019). Etnomatematika" Konsep dan Eksistensinya. Penerbit CV. Pena Persada.

Mendrofa, N. K., & Mendrofa, R. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Jurnal Education and Development, 10(2), 535–537.

Merdina Ziraluo, Helnanirma S. Fau, Nursari R. Simanullang, Bestari Laia, D. G. (2022). Filosofi Dan Makna Omo Sebua (Rumah Adat Besar) Di Desa Bawomataluo Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 1–16.

Najuah, Lukitoyo, P. S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. In Yayasan Kita Menulis.

Nuryadi, Riawan Yudi Purwoko, Muhammad Irfan Rumasoreng, E. P. A. (20189). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berorientasi Pada Kemampuan Numerasi. News.Ge, https://news.ge/anakliis-porti-aris-qveynis-momava. http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/16299/1/Buku Model_Etnomatematika.pdf

Purnama, W., & Rohmah, M. S. (2018). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Profesional Sejarah dan Filsafat Matematika. 1–108.

Putra, A. P., & Prasetyo, D. (2022). Peran Etnomatematika Dalam Konsep Dasar Pembelajaran Matematika. Intersections, 7(2), 1–9.

Rohmaini, L., Netriwati, N., Komarudin, K., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg and Gall. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 176. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3649

Saputri, N., Azizah, I. N., & Hernisawati, H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Modul dengan Pendekatan Discovery Learning pada Materi Himpunan. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 48–58. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.5594

Setyadi, A., & Saefudin, A. A. (2019). Pengembangan modul matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk siswa kelas VII SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 12–22. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.16771

Winaryati, E. et. al. (2021). Cercular Model of RD & D.

Zega, Y. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Pada Materi Lingkaran. Journal of Smart Society ADPERTISI, 1(1), 18–24.

Downloads

Published

2023-09-13

How to Cite

Hulu, B. A. A., & Mendrofa, R. N. . (2023). PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA MATERI MATEMATIKA SMP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 283–291. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18925