PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IX SMP NEGERI 2 TUHEMBERUA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18785Keywords:
Model Pembelajaran Picture and Picture, Hasil Belajar, Proses PembelajaranAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil studi pendahulan peneliti di SMP Negeri 2 Tuhemberua khususnya di Kelas IX dan diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa masih berkategori kurang dan proses pembelajaran IPA cenderung berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Hasil belajar IPA IPA dengan menerapkan model pembelajaran Picture and Picture, mendeskripsikan proses pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Picture and Picture dan mendeskripsikan kualitas pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Picture and Picture. Jenis penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tuhemberua yang berjumlah 22 orang semester ganjil tahun pembelajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan yaitu teshasil belajar siswa, lembar observasi proses pembelajaran (responden Guru), dan angket kualitas pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Proses pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran picture and picture di kelas IX SMP Negeri 2 Tuhemberua pada siklus I sebesar 40% dengan kategori cukup baik dan pada siklus II sebesar 95,4% dengan kategori sangat baik. 2) Kualitas proses pembelajaran pada siklus I sebesar 60% dengan kategori cukup baik dan pada siklus II sebesar 87% dengan kategori sangat baik 3) Rata-Rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66,06 dengan kategori cukup baik dan persentase ketuntasan siswa sebesar 59%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 81,7 dengan berkategori baik dan persentase ketuntasan siswa sebesar 95%. Dengan demikian model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswaReferences
Abdul R. K. & Marliza O. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Akademika, 9(1). 109-126. https://media.neliti.com/media/publications/116863-ID-korelasi-motivasi-
Akhiruddin & Sujarwo. (2019). Belajar Dan Pembelajaran (Cetakan Pertama). . Cv. Cahaya Bintang Cemerlang
Aris, Shoimin, (2020). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Ar. Ruzz Media
Dahlia, dkk. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Sistem Pencernaan. Jurnal Ilmiah Edu Research. 10 (2). Desember, 1-6
Dahrun. (2022). Komponen proses pembelajaran melalui model, pendekatan, pendekatan strategi, pendekatan teknik dan taktik. Jurnal Pendidikan islam. 5(2). 36-48.
https://uia.e-journal.id/Tahdzib/article/view/2319
Djamaludin & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran (Cetakan Pertama). Cv. Kaaffah Learning Center
Djamaludin & Wardana. (2021). Belajar Dan Pembelajaran (Cetakan Kedua). Cv. Kaaffah Learning Center
Eva & Chrisnaji. (2019). Pengajaran Menulis Puisi Menggunakan Metode Picture And Picture. STKIP Kusuma Negara Publishing
Fatimah & Ratna. (2018). Strategi Belajar & Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. 1(2). 108-113.
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasi
Hayati, Prima. (2023). Model Kooperatif Tipe Picture And Picture Dalam Pembelajaran. Dharmas Education Journal. 4(2). 505-512. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal
Homroul. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa.Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. 9(2). 321-334.
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) (unesa.ac.id)
Kosilah & Septian. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitia. 1(6). 1139-1148.
https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/214
Lawe, dkk. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI. Jurnal Inovasi Pendidikan. 3(10), 7869-7876
Mansur, dkk. (2021). Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Invertebrata. Journal Biology Education. 4(1). 72-79.
http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jbe
Mansur S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Biologi SMA. Jurnal Eduscience. 9(2). 288-293.
Mardicko. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(4). 5482-5492
Nur Fajriyati & Ina M. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. Jurnal Edukasi dan Sains. 2(1). 132-139. https://core.ac.uk/download/pdf/327208746.pdf
Priansa. 2019. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam memahami peserta didik. Bandung:Pustaka Setia
Putu, A. S. & Ninyoman K. (2017). Penerapan Model Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 99-106.. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/download/10144/6542/11358
Purba, dkk. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI UPTD SD Negeri 124401 Jl. Dahlia Pematang Siantar. Journal On Education.6(1). 1910-1922. : http://jonedu.org/index.php/joe
Rizky & Putri. (2019). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ipa Melalui Model Example Non-Example Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaan IPA Indonesia. 9(3). 131-138
https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/index
Sadikin, Ali. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture yang dipadukan Dengan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher here Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(4), 584593. https://online-journal.unja.ac.id/biodik
Setiawan. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Uwais Inspirasi Indonesia
Tria Melvin & Surdin. (2017). Hubungan Antara Disiplin Belajar Di Sekolah Dengan Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi. 1(1). 1-14.
https://ojs.uho.ac.id/index.php/ppg/article/download/2415/1783
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Destina Zai, Toroziduhu Waruwu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.