KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS VII MTS HUSAINIYAH BANDUNG

Authors

  • Fitri Handayani Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Endi Suhendi Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18676

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Strategi Pembelajaran, MTS Husainiyah Bandung

Abstract

Penelitian ini mengangkat latar belakang yang membahas kompetensi  pedagogik guru dalam penerapan  strategi  pembelajaran  fiqih di Madrasah Tsanawiyah Husainiyah Bandung. Dengan tujuan utama untuk menggali bagaimana rencana, penetapan, penerapan strategi pembelajaran faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan strategi pembelajaran serta teknik pembelajaran yang ideal untuk mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah  Husainiyah Bandung. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian di dapati: Pertama, tahapan perencanaan, guru sudah menyajikan detail strategi  pembelajaran  secara  spesifik yang tertuang dalam RPP, tahap penerapan guru menerapkan strategi pembelajaran  inkuiri, ekspositori,  mandiri dan  kontekstual. Kedua, faktor pendukung utama penerapan strategi pembelajaran adalah pemahaman tenaga pendidik yang sudah mengenyam pendidikan tinggi dengan gelar sarjana, dukungan dari pimpinan dan keterlibatan dalam kelompok kerja guru. Ketiga, faktor penghambat tidak ada evaluasi penyusunan RPP dan keterlibatan bidang kurikulum. Keempat, secara praktek menerapkan strategi pembelajaran  muhadharah, guru fiqih belum menuangkan rencananya kedalam RPP.

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Darajat, D. R. H. Z. (2019). Pendidikan Islam dalam keluarga dan sekolah.

Djalil, H. A. B., & SH, M. A. (2014). Ilmu Ushul Fiqih: 1 & 2. Kencana.

Harahap, S. B. (2020). Strategi Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Scopindo Media Pustaka.

Ilyas, M., & Syahid, A. (2018). Pentingnya metodologi pembelajaran bagi guru. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(1), 58–85.

Jauhari, M. I. (2021). Upaya Guru Fiqih dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik di Madrasah. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 205–214.

Jaya, S., & Halik, A. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dasar Negeri dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam. Al-Musannif, 5(1), 33–48.

Notanubun, Z. (2019). Pengembangan kompetensi profesionalisme guru di era digital (Abad 21). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2), 54.

Rahayu, G. D. S. (2020). Mudah menyusun Perangkat pembelajaran. Tre Alea Jacta Pedagogie.

Ruane, J. M., Mustika, M. S., & Zakkie, I. M. (2021). Penelitian Lapangan; Saksikan dan Pelajari: Seri Dasar-Dasar Metode Penelitian. Nusamedia.

Sanjaya, W. (2011). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.

Subairi, A. (2023). Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Dalam Penerapan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyah. Iqra’: Jurnal Ilmiah Keislaman, 2(01).

Subardi, S. (2019). Jaminan Mutu Pendidikan Guru. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 198–211.

Sutikno, M. S. (2021). Strategi Pembelajaran. Penerbit Adab.

Syarifuddin, S., Jufri, J., & Hijrat, K. (2023). Manajemen Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Metode Wafa Di Sdit Ar Ruhul Jadid Jombang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 10–18.

Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Analisis Data Model Miles Dan Huberman Untuk Riset Akuntansi Budaya. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 23–33.

Wartoyo, F. X. (2019). Strategi Pembelajaran Sejarah Lisan Bagi Mahasiswa Pendidikan Sejarah (Studi Kasus Mahasiswa STKIP PGRI Sidoarjo). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 246–252.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Handayani, F. ., & Suhendi, E. . (2023). KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS VII MTS HUSAINIYAH BANDUNG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 825–833. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18676