PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA SMP NEGERI 2 SITOLU ORI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18318Keywords:
Kooperatif Tipe Make A Match, Keaktifan, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui proses pembelajaran IPA dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, (2) Mengetahui keaktifan peserta didik dalam pembelajaran IPA dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan (3) Mengetahui hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran pada siklus I diperoleh nilai persentase sebesar 73,02% dengan kriteria cukup dan persentase proses pembelajaran siklus II adalah 92,76% dengan kriteria sangat baik. Keaktifan belajar peserta didik pada siklus I mencapai 63,65% dengan kriteria cukup dan siklus II mencapai 94,47% dengan kriteria sangat baik. Selanjutnya, hasil belajar peserta didik diperoleh dengan nilai rata-rata 58,26% pada siklus I dan meningkat pada siklus II mencapai 80,76%, sedangkan ketuntasan klasikal dalam belajar dari 57,69% pada siklus I telah mencapai 96,15% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dalam pembelajaran IPA mampu meningkatkan proses pembelajaran, keaktifan peserta didik, dan hasil belajar peserta didik.References
Ali, Lala Usman. (2018). Pengelolaan Pembelajaran IPA Ditinjau dari Hakikat Sains pada SMP Di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram.
Arikunto, S., Supardi & Suhardjono. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Bumi Aksara.
Fitriyati, I., Hidayat A.,, & Munzil (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Ilmiah dan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 27-34.
Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1-13
Kurniawati,Y., Ngadimin., & Farhan, A. (2017). Hubungan Keaktifan Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Penerapan Model Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM).
Mandagi, M. et al., (2020). Book Chapter Inovasi Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Deepublish
Mislan & Irwanto. (2022). Buku Ajar Strategi Pembelajaran Komponen, Aspek,Klasifikasi dan Model-model dalam Strategi Pembelajaran. Lakeisha
Octavia, Shilpy A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish
Riadi, M. (2022). Keaktifan Belajar (Pengertian, Bentuk, Indikator dan Faktor yang Mempengaruhi)
Saharuddin. (2021). Model Dan Metode Pembelajaran Inovatif. Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan, 11(1), 11-27.
Shoimin. (2020). 68 Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media
Sulistio, A & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). CV.Eureka Media Aksara.
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Edunomika, 2(1), 36-46.
Wilujeng, Insih. (2018). IPA Terintegrasi dan Pembelajarannya (Edisi Pertama). Universitas Negeri Yogyakarta Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Miseri Cordias Zega, Novelina Andriani Zega
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.