Hubungan antara Lingkungan Sekolah dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematikadikelas V- B SDN UPTD 122365
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8826Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara lingkungan sekolah dengan Hasil Belajar siswa pada pembelajaran Matematika dikelas V-b UPTD SDN 122365 JL. Ade Irma Pematang Siantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan jumlah populasi seluruh siswa kelas V-b UPTD SDN 122365 JL. Ade Irma Pematang Siantar yaitu sebanyak 30 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang terdiri dari angket pemanfaatan sumber belajar dokumentasi berupa nilai ulangan harian matematika siswa V-b UPTD SDN 122365 JL. Ade Irma Pematang Siantar Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis korelasi sederhana, dan uji signifikan menggunakan uji-t dan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dan hasil belajar matematika siswa dengan nilai rhitung = 0.754 dan rtabel = 0,361, rhitung> rtabel pada taraf 5% dan n=30 serta diperoleh thitung = 0.2362 dan ttabel = 1,25, thitung> ttabel pada taraf 5%. pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai yang diperoleh Fhitung = 4,89 dan Ftabel = 4,20, Fhitung> Ftabel pada taraf 5%.Downloads
Published
2022-11-14
How to Cite
Samosir, R. H. L., Purba, N. ., & Simarmata, R. K. . (2022). Hubungan antara Lingkungan Sekolah dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematikadikelas V- B SDN UPTD 122365. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3782–3793. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8826
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rifandy Hosea L.J.Samosir, Natalina Purba, Radode K Simarmata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).