Pengaruh Model Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kelas III Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Subtema 3 Menyayangi Tumbuhan SD Negeri 102068 Kampung Dame Kecamatan Dolok Masihul T.A 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9207Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Penggunaan Model Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Sub Tema 3 Menyayangi Tumbuhan Di Kelas III SD Negeri 102068 Kampung Dame Kecamatan Dolok Masihul T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III A dan III B SD Negeri 102068 T.A 2022/2023 sebanyak 30 siswa di Kelas Eksperimen dan 30 Siswa di Kelas Kontrol. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa di Kelas Eksperimen dan 30 siswa di Kelas Kontrol. Instrumen yang digunakan adalah Pretest dan Posttest berupa soal pilihan berganda yang telah dilakukan uji validasi dan reliabilitas. Hasil penelitian pada taraf 0,05 menunjukan bahwa: Adanya pengaruh model Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan sub tema 3 Menyayangi Tumbuhan di kelas III SD Negeri 102068 Kampung Dame Kecamatan Dolok Masihul. Berdasarkan analisis data nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) 0,00 ? 0,05, Dimana Ho Ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Think Pair Share dengan peningkatan hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan model Think Pair Share.Downloads
Published
2022-11-22
How to Cite
Nainggolan, R. ., Nainggolan, R. ., Thesalonika, E. ., & Sihombing, S. . (2022). Pengaruh Model Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kelas III Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Subtema 3 Menyayangi Tumbuhan SD Negeri 102068 Kampung Dame Kecamatan Dolok Masihul T.A 2022/2023 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5790–5801. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9207
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rianto Nainggolan, Emelda Thesalonika, Sotarduga Sihombing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).