Keefektifan Pembelajaran Media Microsoft Sway Melalui Metode Bercerita dan Sosiodrama Terhadap Kemampuan Berbahasa Reseptif dan Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9187Abstract
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas media microsoft sway dengan metode bercerita dan sosiodrama terhadap kemampuan Berbahasa Reseptif dan Ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Batang. Langkah yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan menggunakan desain eksperimen Post-test Only Control Group Design Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media Microsoft Sway melalui metode bercerita dan sosiodrama efektif terhadap kemampuan berbahasa Reseptif dan Ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Batang. Berdasarkan peskoran yang telah dilakukan, hasil peskoran diperoleh 1). Skor rata-rata kelas kontrol yang menggunakan media buku cerita sebesar 17,25 atau 71,88%. Sedangkan kelas eksperimen yang menggunakan media Microsoft Sway rata-ratanya 20,88 atau 87%. 2). Skor rata-rata kelas kontrol yang menggunakan metode tanya jawab dan bercakap-cakap sebesar 11,31 atau 47,13 %. Sedangkan kelas eksperimen yang menggunakan metode bercerita dan sosiodrama rata-ratanya 20,31 atau 84,63 %. 3). Skor rata-rata kelas kontrol yang menggunakan media buku cerita melalui metode tanya jawab dan bercakap-cakap skor rata-ratanya sebesar 13,69 atau 57,04 %. Sedangkan kelas eksperimen yang menggunakan media Microsoft Sway melalui metode bercerita dan sosiodrama rata-ratanya 21,13 atau 88,04 %. Berdasarkan dari hasil uji Univariate One-Way ANOVA diketahui bahwa Taraf signifikansi 0,05. Sigifikansi hasil uji p = 0,000, Signifikansi hasil uji (sig) < taraf signifikansi (0,000 < 0,05), artinya ada perbedaan kemampuan bahasa Reseptif dan Ekspresif anak antara yang menggunakan madia Microsoft Sway melalui metode bercerita dan sosiodrama.Downloads
Published
2022-11-26
How to Cite
Afrianti, D. ., Siswanto, J. ., & Rasiman, R. (2022). Keefektifan Pembelajaran Media Microsoft Sway Melalui Metode Bercerita dan Sosiodrama Terhadap Kemampuan Berbahasa Reseptif dan Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6522–6528. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9187
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Desi Afrianti, Joko Siswanto, Rasiman Rasiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).