Pengembangan Permainan Ular Naga Modifikasi Dengan Metode Bermain Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14583Abstract
Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian pengembangan atau Reseach and Development (RnD). Sugiono (2015:407) menyatakan bahwa metode penelitian dan pengembangan adalah metode yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut Berdasarkan hasil penelitian pengembangan permainan ularnaga modifikasi untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini ditaman kanak -kanak maka dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut (1)Hasil Validasi permainan ularnaga modifikasi untuk meningkatkan kemampuansosial emosional anak usia 5-6 th dengan kriteria sangat valid di Tk Pembina Batang. (2)Kepraktisan permainan ularnaga modifikasi yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini di taman kanak-kanak berdasarkan hasil angket tanggapan guru dan siswa di TK pembina Batang.(3)Mampu meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 th di Taman Kanak-Kanak, Keefektifan pembelajaran menggunakan permainan ular naga modifikasi dapat dilihat melalui uji efektifitas dengan hasil yaitu permainan ularnaga modifikasi mampu meningkatkan kemampuan sosial emosional motorik anak usia dini di taman kanak-kanak Pembina Batang, hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata penilaian kemampuan belajar siswa 4.00. dapat disimpulkan ke efektifan permainan ular naga modifikasi.dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini masuk dalam kreteria sangat baik.Downloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Efendi, E., Siswanto, J. ., & Rasiman, R. (2023). Pengembangan Permainan Ular Naga Modifikasi Dengan Metode Bermain Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5675–5684. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14583
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Efendi, Joko Siswanto, Rasiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).