Analisis Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Media Poster Pengurangan Bilangan (PPB) di SD N Pedurungan Lor 2 Semarang

Authors

  • Ayu Rizqia Universitas PGRI Semarang
  • Aries Tika Damayani Universitas PGRI Semarang
  • Rasiman Rasiman Universitas PGRI Semarang
  • Agus Suwarto SDN Pedurungan Lor 02 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13222

Abstract

Perkembangan ilmu pendidikan saat ini begitu sangat cepat, yang mendorong sebuah pembaharuan serta pemanfaatan teknologi di dalam proses pembelajaran. Pembelajaran pada peserta didik seringkali tidak menyenangkan, karena sistem pembelajaran yang di lakukan membosankan terutama dalam berhitung yang dimuat dalam mata pelajaran Matematika, kebanyakan peserta didik merasakan bahwa matematika merupakan sebagai mata pelajaran yang paling sulit. Hal tersebut tentunya akan mempengaruhi proses belajar pada setiap peserta didik. Kendalanya guru hanya menggunakan papan tulis sebagai media dalam menyampaikan materi pelajarannya. Hal tersebut mengakibatkan peserta didik kurang antusias mengikuti kegiatan pembelajaran. Sehingga pembelajaran menggunakan media poster pengurangan bilangan (PPB) dapat menjadi solusi untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas III pada SDN Pedurungan Lor 2 Semarang. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media poster pengurangan bilangan (PPB) terhadap keaktifan belajar peserta didik dalam mata pelajaran matematika materi operasi hitung pengurangan bilangan bulat yang selisihnya sudah diketahui. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pesertar didik kelas III  yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media poster pengurangan bilangan sebagai media pembelajaran memberikan kontribusi yang positif dan mampu merangsang keaktifan belajar para peserta didik kelas III SDN Perudungan 2 Lor Semarang.

Downloads

Published

2023-03-24

How to Cite

Rizqia, . . A. ., Damayani, A. T. ., Rasiman, R., & Suwarto, A. . (2023). Analisis Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Media Poster Pengurangan Bilangan (PPB) di SD N Pedurungan Lor 2 Semarang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1652–1658. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13222

Most read articles by the same author(s)