Analisis Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Media Poster Pengurangan Bilangan (PPB) di SD N Pedurungan Lor 2 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13222Abstract
Perkembangan ilmu pendidikan saat ini begitu sangat cepat, yang mendorong sebuah pembaharuan serta pemanfaatan teknologi di dalam proses pembelajaran. Pembelajaran pada peserta didik seringkali tidak menyenangkan, karena sistem pembelajaran yang di lakukan membosankan terutama dalam berhitung yang dimuat dalam mata pelajaran Matematika, kebanyakan peserta didik merasakan bahwa matematika merupakan sebagai mata pelajaran yang paling sulit. Hal tersebut tentunya akan mempengaruhi proses belajar pada setiap peserta didik. Kendalanya guru hanya menggunakan papan tulis sebagai media dalam menyampaikan materi pelajarannya. Hal tersebut mengakibatkan peserta didik kurang antusias mengikuti kegiatan pembelajaran. Sehingga pembelajaran menggunakan media poster pengurangan bilangan (PPB) dapat menjadi solusi untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas III pada SDN Pedurungan Lor 2 Semarang. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media poster pengurangan bilangan (PPB) terhadap keaktifan belajar peserta didik dalam mata pelajaran matematika materi operasi hitung pengurangan bilangan bulat yang selisihnya sudah diketahui. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pesertar didik kelas III yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media poster pengurangan bilangan sebagai media pembelajaran memberikan kontribusi yang positif dan mampu merangsang keaktifan belajar para peserta didik kelas III SDN Perudungan 2 Lor Semarang.Downloads
Published
2023-03-24
How to Cite
Rizqia, . . A. ., Damayani, A. T. ., Rasiman, R., & Suwarto, A. . (2023). Analisis Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Media Poster Pengurangan Bilangan (PPB) di SD N Pedurungan Lor 2 Semarang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1652–1658. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13222
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ayu Rizqia, Aries Tika Damayani, Rasiman, Agus Suwarto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).