Analisis Kemampuan Berbicara Dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 2A Sekolah Dasar Supriyadi 02
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13411Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kemampuan berbicara siswa kelas 2A SD Supriyadi 02 dalam menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan intrumen berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan kepala sekolah dan instrumen bantu oleh siswa 2A SD Supriyadi 02. Hasil analisis penelitian ini adalah tingkat kemampuan berbicara siswa kelas 2A SD Supriyadi 02, termasuk kategori baik yaitu sebanyak 13 siswa dari 29 siswa sudah mempunyai kemampuan berbicara yang cukup baik untuk ukuran di kelas 2 SD yang sedang mengalami perkembangan baik psikologi maupun fisiknya. Jika ditingkatkan lagi dengan pembelajaran Bahasa Indonesia yang rutin dan terarah, maka kemungkinan besar kemampuan berbicara siswa akan meningkat dan masuk kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan guru dapat melatih siswa untuk menggunakan dan berkomunikasi dengan bahasa yang baik dan benar secara terarah.Downloads
Published
2023-04-10
How to Cite
Fitria, R. K., Rasiman, R., Kartinah, K., & Sofiati, R. N. (2023). Analisis Kemampuan Berbicara Dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 2A Sekolah Dasar Supriyadi 02. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3343–3349. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13411
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Rani Rani Khusnul Fitria, Rasiman Rsiman, Kartinah Kartinah, Ranto Nety Sofiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).