Analisis Kemampuan Berbicara Dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 2A Sekolah Dasar Supriyadi 02

Authors

  • Rani Khusnul Fitria Universitas PGRI Semarang
  • Rasiman Rasiman Universitas PGRI Semarang
  • Kartinah Kartinah Universitas PGRI Semarang
  • Ranto Nety Sofiati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13411

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kemampuan berbicara siswa kelas 2A SD Supriyadi 02 dalam menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan intrumen berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan kepala sekolah dan instrumen bantu oleh siswa 2A SD Supriyadi 02. Hasil analisis penelitian ini adalah tingkat kemampuan berbicara siswa kelas 2A SD Supriyadi 02, termasuk kategori baik yaitu sebanyak 13 siswa dari 29 siswa sudah mempunyai kemampuan berbicara yang cukup baik untuk ukuran di kelas 2 SD yang sedang mengalami perkembangan baik psikologi maupun fisiknya. Jika ditingkatkan lagi dengan pembelajaran Bahasa Indonesia yang rutin dan terarah, maka kemungkinan besar kemampuan berbicara siswa akan meningkat dan masuk kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan guru dapat melatih siswa untuk menggunakan dan berkomunikasi dengan bahasa yang baik dan benar secara terarah.

Downloads

Published

2023-04-10

How to Cite

Fitria, R. K., Rasiman, R., Kartinah, K., & Sofiati, R. N. (2023). Analisis Kemampuan Berbicara Dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 2A Sekolah Dasar Supriyadi 02. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3343–3349. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13411

Most read articles by the same author(s)