Analisis Nilai Religius Melalui Pembiasaan Karakter Pada Peserta Didik Kelas 1 Di SDN Pedurungan Kidul 01
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13031Abstract
Penelitian ini berjudul Analisis nilai religius melalui pembiasaan karakter pada peserta didik kelas 1 di SDN Pedurungan Kidul 01. Tujuan penelitian ini menerapkan nilai religius melalui pembiasaan karakter yang diterapkan pada peserta didik kelas 1 di SDN Pedurungan Kidul 01. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif menggunakan analisis data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 1. Penelitian ini menghasilkan penanaman nilai religius melalui pembiasaan karakter di kelas 1 yang dikaitakan dengan kurikulum merdeka pada penerapan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang dikaitkan dengan berbagi makanan pada lingkungan sekitar. Berbagi makanan di lingkungan kelas dilakukan dengan meminjami teman dan guru yang membutuhkan bantuan. Nilai religius terlihat dalam datang ke sekolah bersalaman dengan guru yang berada disamping gerbang dan pembacaan asmaul husna setiap pagi. Berbagi makanan diberikan kepada masyarakat sekitar. Peserta didik kelas 1 membawa makanan dari rumah untuk dibagikan kepada masayarakat dan pengendara sepeda motor dan mobil. Adapun indikator nilai religius yaitu berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, bersedekah, menjaga kebersihan lingkungan, menerapkan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) dan menjalin pertemenan dan berbuat baik kepada sesama.Downloads
Published
2023-03-18
How to Cite
Maulida, A. N. ., Untari , M. F. A. ., Siswanto, J. ., & Kanitri, N. . (2023). Analisis Nilai Religius Melalui Pembiasaan Karakter Pada Peserta Didik Kelas 1 Di SDN Pedurungan Kidul 01. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1087–1091. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13031
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Alvin Nor Maulida, Mei Fita Asri Untari, Joko Siswanto, Novemy Kanitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).