Analisis Proses Pembiasaan Literasi Terhadap Minat Baca Peserta Didik SDN Gajahmungkur 04
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13543Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya minat baca peserta didik di dunia Pendidikan Indonesia. Minat baca yang tergolong rendah di Indonesia menjadikan pemerintah merancang progam literasi sekolah (GLS) yang dimulai dari tahun 2016. Adanya progam pemerintah tersebut di SDN Gajahmungkur 04 mengadakan pembiasaan literasi di luar kelas. Dengan adanya pembiasaan literasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat baca peserta didik yang ada di SDN Gajahmungkur 04. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembiasaan literasi terhadap minat baca peserta didik di SDN Gajahmungkur 04. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskripsi. Subjek penelitian yakni peserta didik kelas III di SDN Gajahmungkur 04 dengan jumlah 19 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas III, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembiasaan literasi di SDN Gajahmungkur 04 sudah berjalan dengan baik dan efektif sehingga dapat meningkatkan semangat dan minat baca peserta didik.Downloads
Published
2023-03-31
How to Cite
Oktaviani, Y. ., Rasiman, R., Reffiane, F. ., & Suprihatini, G. . (2023). Analisis Proses Pembiasaan Literasi Terhadap Minat Baca Peserta Didik SDN Gajahmungkur 04. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2287–2290. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13543
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Yenni Oktaviani, Rasiman, Fine Reffiane, Ganis Suprihatini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).