Analisis Proses Pembiasaan Literasi Terhadap Minat Baca Peserta Didik SDN Gajahmungkur 04

Authors

  • Yenni Oktaviani Universitas PGRI Semarang
  • Rasiman Rasiman Universitas PGRI Semarang
  • Fine Reffiane Universitas PGRI Semarang
  • Ganis Suprihatini SDN Gajahmungkur 04

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13543

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya minat baca peserta didik di dunia Pendidikan Indonesia. Minat baca yang tergolong rendah di Indonesia menjadikan pemerintah merancang progam literasi sekolah (GLS) yang dimulai dari tahun 2016. Adanya progam pemerintah tersebut di SDN Gajahmungkur 04 mengadakan pembiasaan literasi di luar kelas. Dengan adanya pembiasaan literasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat baca peserta didik yang ada di SDN Gajahmungkur 04. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembiasaan literasi terhadap minat baca peserta didik di SDN Gajahmungkur 04. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskripsi. Subjek penelitian yakni peserta didik kelas III di SDN Gajahmungkur 04 dengan jumlah 19 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas III, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembiasaan literasi di SDN Gajahmungkur 04 sudah berjalan dengan baik dan efektif  sehingga dapat meningkatkan semangat dan minat baca peserta didik.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Oktaviani, Y. ., Rasiman, R., Reffiane, F. ., & Suprihatini, G. . (2023). Analisis Proses Pembiasaan Literasi Terhadap Minat Baca Peserta Didik SDN Gajahmungkur 04. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2287–2290. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13543

Most read articles by the same author(s)