Pengembangan APE Domino Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Melalui Permainan Menyusun Balok
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9449Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan alat permainan edukatif (APE) Domino yang terbuat dari kayu dan menguji validitas media, kepraktisan, dan keefektifan media domino tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan 4D yang diadaptasi dari model pengembangan Thiagarajan dengan langkah yaitu 1) Define (Pendefinisian); (2) Design (perancangan); (3) Develop (pengembangan) (4) Dessiminate (Penyebaran). Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, uji Wilcoxon dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran APE domino layak dan valid digunakan dengan hasil uji validitas menggunakan aiken V berkategori tinggi serta uji reliabilitas dengan kategori kuat. Media pembelajaran APE domino layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan, di ketahui melalui uji Wilcoxon sebesar 0,000 yang berarti terdapat perbedaan nilai Pre Test dan Post Test. Sedangkan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,68 yang berdasarkan interprestasi indeks gain tergolong sedang. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran APE domino layak, efektif dan efektif digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan pada anak usia dini. Diharapkan pendidik dapat mengembangkan APE Domino dengan ukuran dan bentuk lain dengan materi yang berbeda, serta pihak sekolah diharapkan dapat memfasilitasi.Downloads
Published
2022-11-29
How to Cite
Asiyah, N., Rasiman, R., & Ida Dwi Jayanti. (2022). Pengembangan APE Domino Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Melalui Permainan Menyusun Balok. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7287–7299. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9449
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nur Asiyah Nur Asiyah, Rasiman, Ida Dwi Jayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).