Pengembangan APE Domino Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Melalui Permainan Menyusun Balok

Authors

  • Nur Asiyah UPGRIS
  • Rasiman Rasiman UPGRIS
  • Ida Dwi Jayanti UPGRIS

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9449

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan alat permainan edukatif (APE) Domino yang terbuat dari kayu dan menguji validitas media, kepraktisan, dan keefektifan media domino tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan 4D yang diadaptasi dari model pengembangan Thiagarajan dengan langkah yaitu 1) Define (Pendefinisian); (2) Design (perancangan); (3) Develop (pengembangan) (4) Dessiminate (Penyebaran). Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, uji Wilcoxon  dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran APE domino  layak dan valid digunakan dengan hasil uji validitas menggunakan aiken V berkategori tinggi serta uji reliabilitas dengan kategori kuat. Media pembelajaran APE domino layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan, di ketahui melalui uji Wilcoxon sebesar  0,000 yang berarti terdapat perbedaan nilai Pre Test dan Post Test. Sedangkan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,68 yang berdasarkan interprestasi indeks gain tergolong sedang. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran APE domino layak, efektif dan efektif digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan pada anak usia dini. Diharapkan pendidik dapat mengembangkan APE Domino dengan ukuran dan bentuk lain dengan materi yang berbeda, serta pihak sekolah diharapkan dapat memfasilitasi.

Downloads

Published

2022-11-29

How to Cite

Asiyah, N., Rasiman, R., & Ida Dwi Jayanti. (2022). Pengembangan APE Domino Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Melalui Permainan Menyusun Balok. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7287–7299. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9449

Most read articles by the same author(s)