Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Pada Tema 4 Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 09 Korong Gadang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9160Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu pada tema sehat itu penting menggunakan model Problem Based Learning di kelas V SDN 09 Korong Gadang Kota Padang.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 09 Korong Gadang yang berjumlah 13 orang, yang terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pengamatan hasil belajar mengalami peningkatan, dapat dilihat dari persentase jumlah siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM mengalami penurunan dari studi awal, 53,84% menjadi 38,46% pada siklus I, dan 7,69% pada siklus II. Jumlah persentase siswa yang mendapatkan nilai sama dengan KKM pada studi awal adalah 0% meningkat pada siklus I, menjadi 7,69% dan tidak mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 7,69%. Sedangkan jumlah persentase siswa yang mendapatkan nilai besar dari KKM pada studi awal adalah 38,46% meningkat pada siklus I menjadi 53,84% dan meningkat pada siklus II yaitu menjadi 84,61%. Hal ini menunjukan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan pembelajaran tematik terpadu pada tema sehat itu penting di kelas V SDN 09 Korong Gadang Kota PadangDownloads
Published
2022-11-21
How to Cite
Halimah, N., Darmansyah, D., & Fitria, Y. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Pada Tema 4 Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 09 Korong Gadang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5724–5733. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9160
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nurul Halimah, Darmansyah Darmansyah, Yanti Fitria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).