Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Pada Tema 4 Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 09 Korong Gadang

Authors

  • Nurul Halimah Universitas Negeri Padang
  • Darmansyah Darmansyah Universitas Negeri Padang
  • Yanti Fitria Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9160

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu pada tema sehat itu penting menggunakan model Problem Based Learning di kelas V SDN 09 Korong Gadang Kota Padang.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 09 Korong Gadang yang berjumlah 13 orang, yang terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pengamatan hasil belajar mengalami peningkatan, dapat dilihat dari persentase jumlah siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM mengalami penurunan dari studi awal,  53,84% menjadi 38,46% pada siklus I, dan 7,69% pada siklus II. Jumlah persentase siswa yang mendapatkan nilai sama dengan KKM pada studi awal adalah 0% meningkat pada siklus I, menjadi 7,69%  dan tidak mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 7,69%. Sedangkan jumlah persentase siswa yang mendapatkan nilai besar dari KKM pada studi awal adalah 38,46% meningkat pada siklus I menjadi 53,84% dan meningkat pada siklus II yaitu menjadi 84,61%. Hal ini menunjukan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan pembelajaran tematik terpadu pada tema sehat itu penting di kelas V SDN 09 Korong Gadang Kota Padang

Downloads

Published

2022-11-21

How to Cite

Halimah, N., Darmansyah, D., & Fitria, Y. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Pada Tema 4 Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 09 Korong Gadang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5724–5733. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9160

Most read articles by the same author(s)