Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10230Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuanedan teknologi (IPTEK) diera globalisasi mengalami perkembangan pesat dari waktu ke waktu. Peristiwa ini telah menimbulkan kompetisi di segala bidang dalam kehidupan manusia, dan bidang pendidikan salah satunya. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitianeliteratur. Temuan dari penelitian literaturimenunjukkan bahwa peran mediaipembelajaran berbasis TIK dalam merancang pembelajaran melalui berbagai pengemasan dan penyebaran informasi mempermudah guru dengan berbagai penciptaan media. Pada saat yang sama, siswa dapat secara fleksibel mengakses pembelajaran yang diberikan oleh guru melalui kondisi yang dirancang dan membiarkan siswa mengeksplorasi pengetahuan tambahan sebagai pengayaan. Peran TIKisebagai sumber dan pendukung pembelajran melalui penggunaan perangkat komputasi sebagai sumber pendukung inovasi pembelajaran. Pemanfaatan sumber dan media diharapkan dapat merangsang pikiran, perasaan, minat dan perhatian siswa sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, proses pembelajran akan lebih efektifikarena TIK sebagai sumber dan media pembelajaran membantu mengatasi hambatan dalam proses komunikasiiantara guru dan siswaDownloads
Published
2011-12-15
How to Cite
Salmiyanti, S., Darmansyah, D., & Desyandri, D. (2011). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11424–11429. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10230
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Salmiyanti Salmiyanti, Darmansyah Darmansyah, Desyandri Desyandri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).