Perbedaan Hasil Belajar Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Menggunakan Model Kooperatif Tipe TGT Dengan STAD di Kelas V SD

Authors

  • Siti Nur Isnaini Universitas Negeri Padang
  • Darmansyah Darmansyah Universitas Negeri Padang
  • Yanti Fitria Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9880

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pecahan menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournamet (TGT) dengan Student Teams Achievement Divicion (STAD) di kelas V SD. Desain penelitian ini quasi eksperiment dengan bentuk nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SDN 56 Payakumbuh sebagai kelas TGT dan SDN 32 Payakumbuh sebagai kelas STAD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT dengan model kooperatif tipe STAD di Gugus III Kota Payakumbuh. Hal ini dibuktikan dengan hasil thitung 2.98 dan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 1,68595, sehingga thitung > ttabel.

Downloads

Published

2022-12-08

How to Cite

Isnaini, S. N. ., Darmansyah, D., & Fitria, Y. . (2022). Perbedaan Hasil Belajar Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Menggunakan Model Kooperatif Tipe TGT Dengan STAD di Kelas V SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9475–9484. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9880

Most read articles by the same author(s)