Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Berbasis Model Example Non-Example Untuk Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Feby Kurniawan Universitas Negeri Padang
  • Darmansyah Darmansyah Universitas Negeri Padang
  • Yanti Fitria Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9728

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis model Example non-Example pada kelas V yang memenuhi Kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model Pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi Menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Modul divalidasi oleh tiga Validator ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain. Rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga validator ahli adalah 83,96% Kriteria valid. Untuk uji coba praktikalitas, modul digunakan oleh guru dan siswa Sekolah Dasar. Rata-rata praktikalitas guru dan siswa adalah 89,80% Kriteria praktis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa validitas modul pembelajaran IPS berbasis model Example non-Example untuk kelas V dinyatakan valid dan praktis. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis model Example non-Example telah valid dan praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar atau bahan ajar untuk siswa maupun guru.

Downloads

Published

2022-12-05

How to Cite

Kurniawan, F. ., Darmansyah, D., & Fitria, Y. . (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Berbasis Model Example Non-Example Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8717–8723. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9728

Most read articles by the same author(s)