Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Berbasis Model Example Non-Example Untuk Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9728Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis model Example non-Example pada kelas V yang memenuhi Kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model Pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi Menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Modul divalidasi oleh tiga Validator ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain. Rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga validator ahli adalah 83,96% Kriteria valid. Untuk uji coba praktikalitas, modul digunakan oleh guru dan siswa Sekolah Dasar. Rata-rata praktikalitas guru dan siswa adalah 89,80% Kriteria praktis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa validitas modul pembelajaran IPS berbasis model Example non-Example untuk kelas V dinyatakan valid dan praktis. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis model Example non-Example telah valid dan praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar atau bahan ajar untuk siswa maupun guru.Downloads
Published
2022-12-05
How to Cite
Kurniawan, F. ., Darmansyah, D., & Fitria, Y. . (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Berbasis Model Example Non-Example Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8717–8723. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9728
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Feby Kurniawan, Yanti Fitria, Darmansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).