Pegaruh Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar PKN peserta Didik di Kelas V

Authors

  • Vani Qhairum Nisa Utami Universitas Negeri Padang
  • Yanti Fitria Universitas Negeri Padang
  • Darmansyah Darmansyah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9581

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model  Cooperative Learning tipe Talking Stick terhadap hasil belajar peserta didik di kelas V SDN 06 Piai Tangah. Kontribusi dalam penelitian sebagai bukti ketepatan dalam memilih model pembelajaran di sekolah. Metode yang digunakan adalah desain kuantitatif dengan Posttest-Only Control Design, pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non Probability Sampling yaitu pengambilan sampel jenuh. Partisipan sebanyak 27 siswa untuk eksperimen kelas V A dan 27 siswa untuk kontrol dari kelas V B. Teknik pengumpulan data pada uji validitas menggunakan korelasi biserial point dari 40 soal pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban dan tes hasil belajar yang berjumlah 25 soal. Data post test diuji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors, hasil kedua kelas tersebut adalah kelas eksperimen dengan nilai Lo 0,100 <Lhitung 0,168 dan kelas kontrol dengan nilai Lo 0,180 <Lhitung 0,168, kemudian distribusinya diharapkan, dan uji homogenitas dengan uji Fisher menghasilkan Fhitung 1,07. dan Ftabel 1.98, artinya kedua kelas tersebut memiliki varian atau homogen. Berdasarkan uji hipotesis digunakan analisis uji t, diperoleh thitung = 3,774 dan ttabel = 2,052 dengan (dk) = 52 dan ? = 0,05, maka H0 ditolak, dan H1 diterima. Hasil penelitian membuktikan ada pengaruh signifikan terhadap hasil belajar PKNpeserta didik model pembelajaran Cooperative Learning tipe Talking Stick , sehingga membantu peserta didik dalam menerima pelajaran dengan lebih baik.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Utami, V. Q. N. ., Fitria, Y. ., & Darmansyah, D. (2022). Pegaruh Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar PKN peserta Didik di Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7725–7730. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9581

Most read articles by the same author(s)