Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Menggunakan Model Kooperative Learning Tipe Numbered Head Together(Nht) Dikelas IV
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9736Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model Kooperative Learning tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar peserta didik di kelas IV SDN 15 Patamuan. Kontribusi dalam penelitian sebagai bukti ketepatan dalam memilih model pembelajaran di sekolah. Metode Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 15 Patamuan, subjek penelitian penulis adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 15 Patamuan yang terdaftar pada TP 2022/2023 semester Ganjil berjumlah 15 orang yang terdiri atas 8 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Waktu untuk melakukan penelitian pada tahun ajaran 2022/2023 yaitu pada bulan Juli-Desember 2022, yang dilakukan selama 6 bulan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan laporan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dilakukan dengan mengacu pada disain PTK yang dirumuskan Suharsimi Arikunto (2007:16) yang terdiri dari empat komponen yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Berawal dari permasalahan bahwa : Guru sering kali mengajarkan pelajaran dengan mengunakan metode ceramah, tanya jawab sehingga siswa merasa bosan dalam pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru yang bersifat aktif sedangkan siswa pasif, karena belajar siswa lebih banyak bersifat individual akhirnya nilai siswa banyak dibawah KKM.Downloads
Published
2022-12-05
How to Cite
Syahrir, D. ., Darmansyah, D., & Fitria, Y. . (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Menggunakan Model Kooperative Learning Tipe Numbered Head Together(Nht) Dikelas IV . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8744–8748. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9736
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Didi Syahrir, Darmansyah, Yanti Fitria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).