Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Menggunakan Model Kooperative Learning Tipe Numbered Head Together(Nht) Dikelas IV

Authors

  • Didi Syahrir Universitas Negeri Padang
  • Darmansyah Darmansyah Universitas Negeri Padang
  • Yanti Fitria Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9736

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model  Kooperative Learning tipe Numbered Head Together  terhadap hasil belajar peserta didik di kelas IV SDN 15 Patamuan. Kontribusi dalam penelitian sebagai bukti ketepatan dalam memilih model pembelajaran di sekolah. Metode Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 15 Patamuan, subjek penelitian penulis adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 15 Patamuan yang terdaftar pada TP 2022/2023 semester Ganjil berjumlah 15 orang yang terdiri atas  8 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Waktu untuk melakukan penelitian pada tahun ajaran 2022/2023 yaitu pada bulan Juli-Desember 2022, yang dilakukan selama 6 bulan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan laporan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dilakukan dengan mengacu pada disain PTK yang dirumuskan Suharsimi Arikunto (2007:16) yang terdiri dari empat komponen yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Berawal dari permasalahan bahwa : Guru sering kali mengajarkan pelajaran dengan mengunakan metode ceramah, tanya jawab sehingga siswa merasa bosan dalam pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru yang bersifat aktif sedangkan siswa pasif, karena belajar siswa lebih banyak bersifat individual akhirnya nilai siswa banyak dibawah KKM.

Downloads

Published

2022-12-05

How to Cite

Syahrir, D. ., Darmansyah, D., & Fitria, Y. . (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Menggunakan Model Kooperative Learning Tipe Numbered Head Together(Nht) Dikelas IV . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8744–8748. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9736

Most read articles by the same author(s)