Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV UPTD SD Negeri 122345 Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9126Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, apakah Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV UPTD SDN 122345 Pematangsiantar T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Quasi eksperimen dengan jumlah populasi seluruh siswa kelas IV UPTD SDN 122345 Pematangsiantar T.A 2022/2023 yaitu kelas eksperimen sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini 23 siswa di kelas kontrol 14 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa pre-test dan post-test soal pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. siswa kelas IV SD Negeri 122345 Pematangsiantar. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa dari hasil uji normalitas data eksperimen diperoleh nilai signifikan Kolmogorov-Smirnov z kelas eksperimen adalah 0,011 dan untuk kelas control nilai signifikan Kolmogorov-Smirnov Z kelas Kontrol Adalah 0,007 yang artinya berdistribusi normalitas. Selanjutnya ialah uji homogenitas, diperoleh nilai signifikn 0,819 yang artinya homogen. Hasil dari uji independent samples test Hasil dari uji independent samples test dilihat Hasil dari uji independent samples test dilihat bahwa thitung> ttabel yang dimana ttabel sebesar 12,497 karena df (n-2) maka jumlahnya 44, sehingga ttabel dari 44 yaitu 2,015. Sehingga di peroleh 12,497 > 2,015Downloads
Published
2022-11-20
How to Cite
Sitorus, E. ., Panjaitan, M. ., & Sitio, H. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV UPTD SD Negeri 122345 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5302–5312. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9126
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Eka Sitorus, Muktar Panjaitan, Hetdy Sitio
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).