Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Tema 3 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 091409 Sarimatondang

Authors

  • Edwin Parlindungan Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Lisbet Novianti Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Hetdy Sitio Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8372

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : “Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Tema 3 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 091409 Sarimatondang Peneliutian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode One Group Eksperimental. Populasi penelitan ini adalah seluruh siswa kelas V SD 091409 Sarimatondang yang berjumlah 31 siswa. Penelitian eksperimen ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa pada tema 3 subtema 1 kelas V SD Negeri 091409. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa pada tema3 subtema1 di kelas V SD Negeri 091409 Sarimatondang. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai angket menggunakan Uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 14.248 sedangkan F tabel diperoleh sebesar 0,413 . Dengan demikian hasil analisis F hitung adalah F hitiung lebih besar dari F tabel (12,162>0,413) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 019409 secara signifikan.

Downloads

Published

2022-11-05

How to Cite

Purba, E. P. ., Sihombing, L. N. ., & Sitio, H. . (2022). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Tema 3 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 091409 Sarimatondang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1293–1302. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8372

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>