Pengaruh Kreativitas Guru terhadap Prestasi Siswa Tema 1 Subtema 2 di Kelas V SD N 091522 Marubun

Authors

  • Aldi Erwin Pardosi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Lisbet. N Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Hetdy Sitio Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8534

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran tematik pada tema 1 subtema 2 manusia dan lingkungan, yang upaya peningkatannya dilakukan dengan memberikannya kreativitas guru kepada siswa tersebut.  Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif karena masalah yang dibawa berhubungan jelas dengan data penelitian berupa fakta yang dibuktikan melalui angka-angka serta fakta yang terjadi dilapangan melalui observasi dan analisis menggunakan ststistik. Populasi penelitian sebanyak 54 siswa. Sampel sebanyak 30 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah kreativitas guru (X) dan prestasi siswa (Y). Metode pengumpulan data angket dan tes yaitu dengan quasi eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan untuk data angket kreativitas guru dengan jumlah sampel 30 orang kemudian didapat jumlah nilai 2398 dengan ratarata nilai 77,826 dan nilai tertinggi yang didapat 79 dan terendah 75. Untuk data hasi belajar pada tema 1 subtema 2 manusia dan lingkungan dengan jumlah sampel 30 orang kemudian didapat jumlah nilai 2335, dengan rata-rata 80,33 dan nilai tertinggi yang didapatkan 95 dan terendah 70. Dari hasil hipotesis diperoleh nilai Fhitung senilai 10,041 dan nilai Ttabel senilai 3,169 dengan nilai signifikan 0,04<0,05 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru dengan prestasi siswa.

Downloads

Published

2022-11-08

How to Cite

Pardosi, A. E. ., Sihombing, L. N. ., & Sitio, H. . (2022). Pengaruh Kreativitas Guru terhadap Prestasi Siswa Tema 1 Subtema 2 di Kelas V SD N 091522 Marubun . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2249–2259. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8534

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>