Pengaruh Kreativitas Guru terhadap Prestasi Siswa Tema 1 Subtema 2 di Kelas V SD N 091522 Marubun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8534Abstract
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran tematik pada tema 1 subtema 2 manusia dan lingkungan, yang upaya peningkatannya dilakukan dengan memberikannya kreativitas guru kepada siswa tersebut. Â Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif karena masalah yang dibawa berhubungan jelas dengan data penelitian berupa fakta yang dibuktikan melalui angka-angka serta fakta yang terjadi dilapangan melalui observasi dan analisis menggunakan ststistik. Populasi penelitian sebanyak 54 siswa. Sampel sebanyak 30 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah kreativitas guru (X) dan prestasi siswa (Y). Metode pengumpulan data angket dan tes yaitu dengan quasi eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan untuk data angket kreativitas guru dengan jumlah sampel 30 orang kemudian didapat jumlah nilai 2398 dengan ratarata nilai 77,826 dan nilai tertinggi yang didapat 79 dan terendah 75. Untuk data hasi belajar pada tema 1 subtema 2 manusia dan lingkungan dengan jumlah sampel 30 orang kemudian didapat jumlah nilai 2335, dengan rata-rata 80,33 dan nilai tertinggi yang didapatkan 95 dan terendah 70. Dari hasil hipotesis diperoleh nilai Fhitung senilai 10,041 dan nilai Ttabel senilai 3,169 dengan nilai signifikan 0,04<0,05 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru dengan prestasi siswa.Downloads
Published
2022-11-08
How to Cite
Pardosi, A. E. ., Sihombing, L. N. ., & Sitio, H. . (2022). Pengaruh Kreativitas Guru terhadap Prestasi Siswa Tema 1 Subtema 2 di Kelas V SD N 091522 Marubun . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2249–2259. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8534
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Aldi Erwin Pardosi, Lisbet. N Sihombing, Hetdy Sitio
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).