Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV UPTD SD Negeri 122345 Pematang Siantar

Authors

  • Eka Sitorus Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Muktar Panjaitan Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Hetdy Sitio Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9126

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, apakah Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV UPTD SDN 122345 Pematangsiantar T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Quasi eksperimen dengan jumlah populasi seluruh siswa kelas IV UPTD SDN 122345 Pematangsiantar T.A 2022/2023 yaitu kelas eksperimen sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini 23 siswa di kelas kontrol 14 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa pre-test dan post-test soal pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. siswa kelas IV SD Negeri 122345 Pematangsiantar. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa dari hasil uji normalitas data eksperimen diperoleh nilai signifikan Kolmogorov-Smirnov z kelas eksperimen adalah  0,011 dan untuk kelas control nilai signifikan Kolmogorov-Smirnov Z kelas Kontrol Adalah 0,007 yang artinya berdistribusi normalitas. Selanjutnya ialah uji homogenitas, diperoleh nilai signifikn 0,819 yang artinya homogen. Hasil dari uji independent samples test Hasil dari uji independent samples test dilihat Hasil dari uji independent samples test dilihat bahwa thitung> ttabel yang dimana ttabel sebesar 12,497 karena df (n-2) maka jumlahnya 44, sehingga ttabel dari 44 yaitu 2,015. Sehingga di peroleh 12,497 > 2,015

Author Biography

Eka Sitorus, Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

q

Downloads

Published

2022-11-20

How to Cite

Sitorus, E. ., Panjaitan, M. ., & Sitio, H. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV UPTD SD Negeri 122345 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5302–5312. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9126

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2