Peran Kepala Sekolah dan Guru Dalam Pendidikan Karakter Displin dan Tanggung Jawab di SD Negeri 87 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9118Abstract
Pendidikan karakter di sekolah tidak terlepas dari peran semua warga di sekolah, tidak terkecuali kepala sekolah dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dan guru dalam pendidikan karakter displin dan tanggung jawab di SD Negeri 87 Palembang. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: Bagaimana peran kepala sekolah dan guru dalam pendidikan karakter displin dan tanggung jawab di SD Negeri 87 Palembang? Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di SD Negeri 87 Palembang. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang langsung diperoleh dari guru kelas di SD Negeri 87 Palembang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data meliputi: tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam pendidikan karakter tanggung jawab di SD Negeri 87 Palembang adalah memberikan contoh atau konsep, bimbingan atau arahan, dan perhatian dalam berbagai kegiatan disekolah, seperti pengaturan pemberian jadwal atau tugas siswa, memberikan contoh maupun aturan yang ada di sekolah, memperhatikan kebutuhan, kelebihan, dan kekurangan siswa. Guru sebagai pembimbing, penasehat, model, dan teladan, serta sebagai mediator dan fasilitator, seperti memberikan sanksi untuk siswa yang tidak mengerjakan tugas dengan tepat waktu, memberikan contoh yang baik kepada siswa dan selalu mengarahkan siswa kepada hal yang positif terhadap tata tertib yang ada di sekolah, serta mengkondisikan dalam berbagai kegiatan di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peran kepala sekolah dalam pendidikan tanggung jawab di SD Negeri 87 Palembang sebagai pemimpin pendidikan dan sebagai manajer yaitu kepala SD Negeri 87 Palembang telah melakukan proses perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan, dan mengoordinasikan dalam pendidikan tanggung jawab. Peran kepala sekolah dalam pendidikan karakter displin di SD Negeri 87 Palembang adalah sebagai pembimbing untuk memberikan bimbingan kepada guru dan siswa, sebagai pengarah atau petunjuk dalam memberikan arahan ataupun petunjuk kepada guru dan siswa, sebagai penasehat bagi guru dan siswa, sebagai teladan bagi guru dan siswa dalam memberikan motivasi dan semangat untuk belajar.Downloads
Published
2022-11-20
How to Cite
Romadanita, K. ., Surmilasari, N. ., & Kuswidyanarko, A. . (2022). Peran Kepala Sekolah dan Guru Dalam Pendidikan Karakter Displin dan Tanggung Jawab di SD Negeri 87 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5271–5277. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9118
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Kiki Romadanita, Nora Surmilasari, Arief Kuswidyanarko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).