Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD

Authors

  • Febri Ardiansyah Universitas PGRI Palembang
  • Lukman Hakim Universitas PGRI Palembang
  • Nora Surmilasari Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5597

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya hasil belajar siswa Kelas V SD terutama pada mata pelajaran IPA, oleh karena itu diperlukan sebuah model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 5 Palembang. Jenis penelitian ini adalah True Experimental Design dengan desain Pretest-posttest Control Group Design dengan menggunakan sampel dua kelas. Teknik analisis data dengan uji normalitas dengan rumus Kolmogorov smirnov, uji homogenitas dengan uji levene's test, dan hipotesis dengan uji-t. Berdasarkan hasil penyebaran angket respon siswa pada kelas eksperimen sebesar 80,60% dengan kategori sangat baik, kemudian nilai rata-rata soal pilihan ganda pretest kelas eksperimen yaitu 51,20% dengan kategori baik, sedangkan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 82,60 % dengan kategori sangat baik. Hasil hipotesis dengan uji-t yaitu nilai sig(2-tailed) = 0,000 < 0,05 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak dengan adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 5 Palembang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar Siswa        

Downloads

Published

2022-07-22

How to Cite

Ardiansyah, F. ., Hakim, L. ., & Surmilasari, N. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1718–1725. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5597

Most read articles by the same author(s)