Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5597Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya hasil belajar siswa Kelas V SD terutama pada mata pelajaran IPA, oleh karena itu diperlukan sebuah model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 5 Palembang. Jenis penelitian ini adalah True Experimental Design dengan desain Pretest-posttest Control Group Design dengan menggunakan sampel dua kelas. Teknik analisis data dengan uji normalitas dengan rumus Kolmogorov smirnov, uji homogenitas dengan uji levene's test, dan hipotesis dengan uji-t. Berdasarkan hasil penyebaran angket respon siswa pada kelas eksperimen sebesar 80,60% dengan kategori sangat baik, kemudian nilai rata-rata soal pilihan ganda pretest kelas eksperimen yaitu 51,20% dengan kategori baik, sedangkan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 82,60 % dengan kategori sangat baik. Hasil hipotesis dengan uji-t yaitu nilai sig(2-tailed) = 0,000 < 0,05 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak dengan adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 5 Palembang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar SiswaDownloads
Published
2022-07-22
How to Cite
Ardiansyah, F. ., Hakim, L. ., & Surmilasari, N. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1718–1725. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5597
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Febri Ardiansyah, Lukman Hakim, Nora Surmilasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).