Pengembangan E-modul pembelajaran IPA Pada Materi Bumiku dan Menjelajah Angkasa Luar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5482Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan suatu produk media pembelajaran berupa sebuah bahan ajar e-modul pembelajaran IPA materi Bumiku dan Menjelajah Angkasa Luar siswa kelas VI Sekolah Dasar yang dapat digunakan untuk membantu guru dalam proses pembelajaran. E-Modul yang dikembangkan ini berisikan materi, teks, gambar, animasi dan video pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 138 Palembang Kelas VI A. Model pembelajaran menggunakan model Rowntree yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Tahap evaluasi, peneliti menggunakan tahap evaluasi Tesmeer yang terdiri dari selft evaluation, expert review, one to one dan small group. Teknik pengumpulan data menggunakan walktrough, angket dan dokumentasi. Hasil kevalidan yang dinilai dari ahli materi, ahli bahasa dan ahli media dapat diperoleh hasil 91% dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan e-modul dilihat dari angket lembar tanggapan siswa. Pada tahap one to one didapatkan hasil kepraktisan 91% dengan kategori sangat praktis. Pada tahap small group didapatkan hasil kepraktisan 89% dengan kategori sangat praktis.Downloads
Published
2022-07-20
How to Cite
Pratiwi, O., Ramadhani, E. ., & Kuswidyanarko, A. . (2022). Pengembangan E-modul pembelajaran IPA Pada Materi Bumiku dan Menjelajah Angkasa Luar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar : . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1397–1403. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5482
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ochtarina Pratiwi, Erfan Ramadhani, Arief Kuswidyanarko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).