Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Materi Suhu Dan Kalor Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5609Abstract
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan bahan ajar berupa e-modul berbasis inkuiri materi suhu dan kalor kelas V yang dapat digunakan di Sekolah Dasar untuk mendukung pembelajaran sehingga membantu pendidik dalam menyampaikan materi dan membantu siswa agar mudah memahami pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 18 Palembang kelas V penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan R&D (Recearch and Development) yang menggunakan model ADDIE yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini adalah berupa. Teknis analisis data yaitu analisis data kevalidan dan analisis data kepraktisan, teknik pengumpulan yang digunakan berupa dokumentasi dan angket. Angket yang diberikan kepada ahli media, ahli bahasa, ahli materi dan angket respon siswa menggunakan kelompok kecil (small group). Penelitian ini menghasilkan bahan ajar digital berupa e-modul berbasis inkuiri yang digunakan pada jenjang Sekolah Dasar. Hasil validasi ahli media 92,5%, ahli bahasa 85%, ahli materi 90,38%, dan hasil uji coba kelompok kecil (small group) 90,17% katergori sangat valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.Downloads
Published
2022-07-23
How to Cite
Lala Eriska, Hetilaniar, H., & Kuswidyanarko, A. . (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Materi Suhu Dan Kalor Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1797–1801. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5609
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lala Eriska, Hetilaniar Hetilaniar, Arief Kuswidyanarko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).