Penerapan Expressive Writing Sebagai Metode Katar Sis Pada Siswa Kelas V SD Negeri 10 Koba
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6013Abstract
Expressive writing atau menulis ekspresif adalah kegiatan menulis yang dalam prosesnya melibatkan peran emosional dengan mengekspresikan isi tulisan sebagai sarana katarsis untuk menyampaikan perasaan, pikiran, dan pengalaman pada masa lalu maupun keadaan sekarang. Metode katarsis merupakan suatu penyaluran emosi dengan mengeluarkan isi pikiran, perasaan, ataupun pengalaman dalam bentuk kegiatan positif yang tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Praktik dalam metode katarsis dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan kegiatan menulis. Metode katarsis dalam praktik menulis ekspresif ialah gambaran bentuk perwakilan penyaluran emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisa setelah diterapkannya expressive writing sebagai metode katarsis pada siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan 86,96% siswa berminat untuk menulis ekspresif lagi. Dalam hasil penelitian menulis ekspresif disimpulkan bahwa 12 siswa dikategorikan dengan hasil sangat baik, 8 siswa dalam kategori baik, dan 3 siswa dengan kategori cukup. Pengelompokan kategori didasarkan pada hasil menulis ekspresif siswa pada lembar penulisan yang telah dibagikan dan diisi.Downloads
Published
2022-08-13
How to Cite
Isrosa, . . M., Wardiah, D. ., & Surmilasari, N. . (2022). Penerapan Expressive Writing Sebagai Metode Katar Sis Pada Siswa Kelas V SD Negeri 10 Koba. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3219–3229. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6013
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mega Isrosa, Dessy Wardiah, Nora Surmilasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).