Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Materi Pecahan Kelas IV SD Negeri 138 Palembang

Authors

  • Neni Testiani Universitas PGRI Palembang
  • Erfan Ramadhani Universitas PGRI Palembang
  • Arief Kuswidyanarko Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5533

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan siswa dalam memahami materi pecahan kelas IV SD Negeri 138 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV.A dan guru kelas IV.A. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu observasi, tes, wawancara dan dokumentasi.  Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini melalui tes dan wawancara guru dan siswa kelas IV SD Negeri 138 Palembang menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam memahami materi pecahan ditemukan ada 4 kesulitan dalam memahami materi pecahan yaitu kesulitan meneyderhanakan pecahan, kesulitan mengartikan pecahan, kesulitan pecahan berpenyebut tidak sama, dan kesulitan pecahan berpenyebut sama. Selain itu faktor penyebab kesulitan siswa dalam belajar matematika materi pecahan ada 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari diri siswa itu sendiri. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang bersal dari luar siswa. Salah satunya yaitu faktor lingkungan sekolah bisa menyebabkan kesulitan belajar matematika materi pecahan.

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Testiani, N. ., Ramadhani, E. ., & Kuswidyanarko, A. . (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Materi Pecahan Kelas IV SD Negeri 138 Palembang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1419–1425. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5533

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>