Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Materi Pecahan Kelas IV SD Negeri 138 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5533Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan siswa dalam memahami materi pecahan kelas IV SD Negeri 138 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV.A dan guru kelas IV.A. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini melalui tes dan wawancara guru dan siswa kelas IV SD Negeri 138 Palembang menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam memahami materi pecahan ditemukan ada 4 kesulitan dalam memahami materi pecahan yaitu kesulitan meneyderhanakan pecahan, kesulitan mengartikan pecahan, kesulitan pecahan berpenyebut tidak sama, dan kesulitan pecahan berpenyebut sama. Selain itu faktor penyebab kesulitan siswa dalam belajar matematika materi pecahan ada 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari diri siswa itu sendiri. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang bersal dari luar siswa. Salah satunya yaitu faktor lingkungan sekolah bisa menyebabkan kesulitan belajar matematika materi pecahan.Downloads
Published
2022-07-20
How to Cite
Testiani, N. ., Ramadhani, E. ., & Kuswidyanarko, A. . (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Materi Pecahan Kelas IV SD Negeri 138 Palembang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1419–1425. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5533
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Neni Testiani, Erfan Ramadhani, Arief Kuswidyanarko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).