Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Bangun Ruang di SDN 138 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5510Abstract
Matematika merupakan suatu pengetahuan yang diajarkan untuk memecahkan suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari sehingga di perlukannya pemahaman yang lebih, tetapi sebagian besar siswa masih menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang menyulitkan, begitu juga dengan siswa kelas V di SD Negeri 138 Palembang hal tersebut terlihat pada nilai pelajaran matematika siswa yang masih rendah yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Permasalah yang akan dibahas pada penelitian ini yaitu, bagaiamana penyebab kesulitan belajar matematika pada siswa kelas V pada materi bangun ruang di SD Negeri 138 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami oleh siswa kelas V terutama pada pelajaran bangun ruang, dan faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek 8 (delapan) siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan (verivication). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kesulitan yang dialami siswa adalah kekurangan pemahaman tentang simbol, nilai tempat, proses yang keliru dan perhitungan, faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa yaitu faktor intenal dan eksternal, faktor internal yang meliputi sikap siswa terhadap pelajaran, minat serta motivasi dalam belajar matematika yang masih rendah, dan faktor eksternal yang meliputi faktor keluarga, lingkungan dan faktor pendidik.Downloads
Published
2022-07-22
How to Cite
Kurnia, R. ., Surmilasari, N. ., & Kuswidyanarko, A. . (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Bangun Ruang di SDN 138 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1733–1737. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5510
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rahma Kurnia, Nora Surmilasari, Arief Kuswidyanarko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).