Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8740Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pokok bahasan SPLDV siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Pematangsiantar dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 6 Pematangsiantar. Subjek penelitian adalah kelas VIII yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Adapun prosedur penelitian ini adalah perencanaan tindakan, pelaksanan tindakan, pengamatan dan melakukan refleksi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII. Hasil belajar siklus I, yakni siswa yang tuntas belajar berjumlah 17 orang siswa atau sebesar 53% dan yang belum tuntas berjumlah 15 orang siswa atau sebesar 47%. Pada pembelajaran siklus II, siswa yang tidak tuntas berjumlah 6 orang atau sebesar 19% dan yang tuntas berjumlah 26 orang atau sebesar 81%. Pada pelaksaanaan proses pembelajaran juga mengalami peningkatan yang terlihat dari persentase aktivitas mengajar guru siklus I pertemuan 1 (satu) sebesar 60,66% dan pertemuan 2 (dua) sebesar 73,33%, sedangkan pada siklus II meningkat dari pertemuan 1 (satu) sebesar 86,66%, dan pada pertemuan 2 sebesar 93,33%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dapat menigkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Pematangsiantar.Downloads
Published
2022-11-13
How to Cite
Wina, M. C. ., Malau, L. ., & Purba, Y. O. . (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3347–3356. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8740
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mona Chandra Wina, Lasman Malau, Yoel Octobe Purba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).