Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII SMP Swasta Teladan Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8242Abstract
Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Swasta Teladan Pematangsiantar yang terdiri dari dua kelas Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dimana kelas VIIA sebagai kelas eksperimen classroom dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil teknik analisi data tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan uji normalitas , uji homogenitas dan uji hipotesis. Dan diperoleh bahwa data kedua kelompok tersebut berdistribusi normal, homogen dan diperoleh nilai thitung = 3,812 dengan teraf signifikan 0,01 diperoleh ttabel = 2,392. Sehingga thitung > ttabel yaitu 3,812 > 2,392 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang singnifikan model pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII SMP Swasta Teladan Pematangsiantar, karena model pembelajaran flipped classroom adalah salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa, dengan model pembelajaran flipped classroom siswa menjadi lebih mudah untuk mengakses materi pelajaran yang diberikan guru pada WhatsApp group untuk dipelajari yang kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran langsung di kelas, sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.Downloads
Published
2022-11-03
How to Cite
Pasaribu, N. N. ., Manurung, S. ., & Purba, Y. O. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII SMP Swasta Teladan Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 730–741. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8242
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nadia Natalia Pasaribu, Suprapto Manurung, Yoel Octobe Purba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).