Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII SMP Swasta Teladan Pematangsiantar

Authors

  • Nadia Natalia Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Suprapto Manurung Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Yoel Octobe Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8242

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Swasta Teladan Pematangsiantar yang terdiri dari dua kelas Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dimana kelas VIIA sebagai kelas eksperimen classroom dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil teknik analisi data tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan uji normalitas , uji homogenitas dan uji hipotesis. Dan diperoleh bahwa data kedua kelompok tersebut berdistribusi normal,  homogen dan diperoleh nilai thitung  = 3,812 dengan teraf signifikan 0,01 diperoleh ttabel  = 2,392. Sehingga thitung > ttabel  yaitu 3,812 > 2,392 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang singnifikan model pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII SMP Swasta Teladan Pematangsiantar, karena model pembelajaran flipped classroom adalah salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa, dengan model pembelajaran flipped classroom siswa menjadi lebih mudah untuk mengakses materi pelajaran yang diberikan guru pada WhatsApp group untuk dipelajari yang kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran langsung di kelas, sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2022-11-03

How to Cite

Pasaribu, N. N. ., Manurung, S. ., & Purba, Y. O. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII SMP Swasta Teladan Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 730–741. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8242

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>