Perbedaan Hasil Belajar Matematika yang Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check dengan Metode Ekspositori pada Materi Operasi Pecahan Dikelas VII SMP Negeri 2 Dolok Panribuan

Authors

  • Angelina Silalahi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Lasman Malau Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Yoel Octobe Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8691

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe pair checks pada kelas VII SMP Negeri 2 Dolok Panribuan. (2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode ekspositori pada kelas VII SMP Negeri 2 Dolok Panribuan. (3) Untuk mengetahui bagaimana perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe pair checks dengan metode ekspositori pada kelas VII SMP Negeri 2 Dolok Panribuan. Jenis penelitian ini adalah metode eksperimen dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Dolok Panribuan dan sampel penelitian adalah kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Intrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika siswa dengan bentuk pilihan berganda yang sudah dilakukan uji validasi. Dari hasil data penelitian diperoleh hasil uji normalitas dengan menggunakan uji liliefros ditemukan bahwa data hasil kedua kelompok berdistribusi normal. Dari hasil uji homogenitas kelas memiliki varians yang homogen dengan menggunakan uji F. uji homogenitas Fhit = 1,629 < Ftabel = 1,822 dan dari analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas (X) = 13,22; varians (S2) = 0,796; dan simpangan baku (S) = 2,6607 untuk kelas eksperimen, sedangkan nilai rata-rata kelas (Y) = 11,91; varians (S2) = 6,0877; dan simpangan baku (S) = 2,4673 untuk kelas kontrol. Untuk uji selisih dua rataan diperoleh thit = 2,0460 dan ttabel = 1,999 maka dapat disimpulkan bahwa rataan kedua sampel berbeda secara signifikan. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) Adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode kooperatif tipe pair check dengan metode ekspositori, (2) hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe pair check lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode ekspositori.

Downloads

Published

2022-11-11

How to Cite

Silalahi, A. ., Malau, L. ., & Purba, Y. O. . (2022). Perbedaan Hasil Belajar Matematika yang Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check dengan Metode Ekspositori pada Materi Operasi Pecahan Dikelas VII SMP Negeri 2 Dolok Panribuan . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3084–3091. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8691

Most read articles by the same author(s)