Perbedaan Hasil Belajar Matematika yang Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check dengan Metode Ekspositori pada Materi Operasi Pecahan Dikelas VII SMP Negeri 2 Dolok Panribuan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8691Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe pair checks pada kelas VII SMP Negeri 2 Dolok Panribuan. (2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode ekspositori pada kelas VII SMP Negeri 2 Dolok Panribuan. (3) Untuk mengetahui bagaimana perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe pair checks dengan metode ekspositori pada kelas VII SMP Negeri 2 Dolok Panribuan. Jenis penelitian ini adalah metode eksperimen dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Dolok Panribuan dan sampel penelitian adalah kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Intrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika siswa dengan bentuk pilihan berganda yang sudah dilakukan uji validasi. Dari hasil data penelitian diperoleh hasil uji normalitas dengan menggunakan uji liliefros ditemukan bahwa data hasil kedua kelompok berdistribusi normal. Dari hasil uji homogenitas kelas memiliki varians yang homogen dengan menggunakan uji F. uji homogenitas Fhit = 1,629 < Ftabel = 1,822 dan dari analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas (X) = 13,22; varians (S2) = 0,796; dan simpangan baku (S) = 2,6607 untuk kelas eksperimen, sedangkan nilai rata-rata kelas (Y) = 11,91; varians (S2) = 6,0877; dan simpangan baku (S) = 2,4673 untuk kelas kontrol. Untuk uji selisih dua rataan diperoleh thit = 2,0460 dan ttabel = 1,999 maka dapat disimpulkan bahwa rataan kedua sampel berbeda secara signifikan. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) Adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode kooperatif tipe pair check dengan metode ekspositori, (2) hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe pair check lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode ekspositori.Downloads
Published
2022-11-11
How to Cite
Silalahi, A. ., Malau, L. ., & Purba, Y. O. . (2022). Perbedaan Hasil Belajar Matematika yang Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check dengan Metode Ekspositori pada Materi Operasi Pecahan Dikelas VII SMP Negeri 2 Dolok Panribuan . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3084–3091. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8691
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Angelina Silalahi, Lasman Malau, Yoel Octobe Purba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).