Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Pematangsiantar T.A.2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8663Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika (2) lingkungan belajar dengan prestasi belajar matematika (3) motivasi belajar dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Pematangsiantar sebanyak 175 orang dengan sampel sebanyak 32 orang. Pengambilan sampel menggunakan Teknik random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode angket dan tes. Uji prasyaratan yang digunakan adalah uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil Penelitian pada korelasi dengan ?=5% menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif: (1) motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika yaitu sebesar sig.0,000 < 0,05 dan r = 0,977. (2) hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan r = 404 dan (3) hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan (R) = 0,983 dan sig.= 0,000 Berdasarkan uraian tersebut disimpulkan bahwa motivasi belajar dan lingkungan belajar berhubungan besar terhadap prestasi belajar matematika siswa.Downloads
Published
2022-11-11
How to Cite
Siregar, S. ., Malau, L. ., & Siregar, G. N. S. . (2022). Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Pematangsiantar T.A.2022/2023 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2910–2922. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8663
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sio Siregar, Lasman Malau, Golda Novatrasio Sauduran Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).