Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Pematangsiantar T.A.2022/2023

Authors

  • Sio Siregar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Lasman Malau Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Golda Novatrasio Sauduran Siregar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8663

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika (2) lingkungan belajar dengan prestasi belajar matematika (3) motivasi belajar dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Pematangsiantar sebanyak 175 orang dengan sampel sebanyak 32 orang. Pengambilan sampel menggunakan Teknik random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode angket dan tes. Uji prasyaratan yang digunakan adalah uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil Penelitian pada korelasi dengan ?=5% menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif: (1) motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika yaitu sebesar sig.0,000 < 0,05 dan r = 0,977. (2) hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan r = 404 dan (3) hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan (R) = 0,983 dan sig.= 0,000 Berdasarkan uraian tersebut disimpulkan bahwa motivasi belajar dan lingkungan belajar berhubungan besar terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Downloads

Published

2022-11-11

How to Cite

Siregar, S. ., Malau, L. ., & Siregar, G. N. S. . (2022). Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Pematangsiantar T.A.2022/2023 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2910–2922. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8663