Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning menggunakan Google Classroom terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8367Abstract
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan desain Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran blended learning menggunakan google classroom dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan model pembelajaran blended learning menggunakan google classroom. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian ini diperoleh t_hitung > t_tabel yaitu 3,726 > 2,657 dengan sig.(2 tailed) < 0,01 yaitu 0,000 < 0,01. Penarikan kesimpulan yang digunakan adalah dengan kriteria uji : jika t_hitung < t_tabel dengan taraf signifikan = 0,01 H_o diterima dan H_a ditolak. Jika t_hitung > t_tabel dengan taraf signifikan < 0,01 maka H_o ditolak dan H_a diterima. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan diperoleh t_hitung > t_tabel dengan taraf signifikan < 0,01. Maka H_o ditolak dan H_a diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran blended learning menggunakan google classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa karena dengan model pembelajaran blended learning menggunakan google classroom siswa leluasa untuk mempelajari materi pelajaran secara mandiri dengan memanfaatkan materi-materi yang tersedia secara online pada google classroom yang kemudian akan dilanjutkan dengan pembelajaran langsung di kelas.Downloads
Published
2022-11-05
How to Cite
Saragih, N. R. ., Manurung, S. ., & Purba, Y. O. . . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning menggunakan Google Classroom terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1248–1259. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8367
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Noni Riyanti Saragih, Suprapto Manurung, Yoel Octobe Purba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).