Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Metode Inkuiri dengan Metode Ekspositori pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Negeri 7 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9146Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan metode Inkuiri dengan Metode Ekspositori pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Negeri 7 Pematangsiantar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif Quasi Experimental Design. Hasil analisis uji instrument diperoleh bahwa instrumen pada butir soal yaitu 25 valid dan 5 tidak valid dan reliabel, selain itu dari hasil perhitungan analisis data diperoleh bahwa sampel berditribusi normal dan homogen. Hipotesis penelitian ini terdapat pengaruh metode pembelajaran Inkuiri dengan Metode Ekspositori terhadap perbedaan hasil belajar matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 7 Pematangsiantar. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji t maka dapat disimpulkan hipotesis, yakni t_hitung> tttabel atau 4,97 > 1,671 maka Ho ditolak dan Ha diterima. . Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak-pihak terkait seperti guru, siswa serta para peneliti selanjutnya.Downloads
Published
2022-11-20
How to Cite
Saragih, D. A. ., Malau, . L. ., & Purba, Y. O. . (2022). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Metode Inkuiri dengan Metode Ekspositori pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Negeri 7 Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5489–5500. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9146
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Debora Aprilihona Saragih, Lasman Malau, Yoel Octobe Purba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).