Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Metode Inkuiri dengan Metode Ekspositori pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Negeri 7 Pematangsiantar

Authors

  • Debora Aprilihona Saragih Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Lasman Malau Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Yoel Octobe Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9146

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan metode Inkuiri dengan Metode Ekspositori pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Negeri 7 Pematangsiantar.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif Quasi Experimental Design. Hasil analisis uji instrument diperoleh bahwa instrumen pada butir soal yaitu 25 valid dan 5 tidak valid dan reliabel, selain itu dari hasil perhitungan analisis data diperoleh bahwa sampel berditribusi normal dan homogen. Hipotesis penelitian ini terdapat pengaruh metode pembelajaran Inkuiri dengan Metode Ekspositori terhadap perbedaan hasil belajar matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 7 Pematangsiantar. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji t maka dapat disimpulkan hipotesis, yakni t_hitung>  tttabel atau 4,97 > 1,671 maka Ho ditolak dan Ha diterima. . Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak-pihak terkait seperti guru, siswa serta para peneliti selanjutnya.

Downloads

Published

2022-11-20

How to Cite

Saragih, D. A. ., Malau, . L. ., & Purba, Y. O. . (2022). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Metode Inkuiri dengan Metode Ekspositori pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Negeri 7 Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5489–5500. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9146

Most read articles by the same author(s)