Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Menggunakan Metode Problem Posing dengan Metode Ekspositori di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tapian Dolok T.A 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8310Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode Problem Posing dan metode Ekspositori pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 1 Tapian Dolok T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian desain true Experimental Design, yakni posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tapian Dolok T.A 2022/2023 yang terdiri dari 5 kelas, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada 2 kelas yang terdiri dari kelas VIII2 sebanyak 32 orang dan VIII4 sebanyak 32 orang. Dari hasil data penelitian diperoleh hasil uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors, ditemukan bahwa data hasil kedua kelompok berdistribusi normal. Dari hasil uji homogenitas kelas memiliki varians yang homogen dengan menggunakan uji homogenitas (uji F). Uji homogenitas Fhitung = 1,63 < 1,8025 dengan ? = 0,05. Artinya kedua kelompok sampel homogen. Dari hasil analis data diperoleh rataan = 15,59 dan standart deviasi = 2,32 untuk kelas eksperimen, serta rataan = 12,28 dan standart deviasi = 2,03 untuk kelas kontrol, artinya rata-rata dan standart deviasi siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada standart deviasi siswa di kelas kontrol. Untuk uji selisih dua rataan diperoleh thitung = 6,062 dan ttabel = 1,9994 ternyata berada pada daerah kritik karena thitung > ttabel , sehingga rataan kedua sampel berbeda secara signifikan. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: Hasil belajar yang menggunakan metode Problem Posing lebih baik dari hasil belajar yang menggunakan metode Ekspositori. Hal ini dapat diketahui dari hasil rataan skor tes siswa dengan metode Problem Posing lebih tinggi dibandingkan rataan skor tes siswa dengan metode Ekspositori.Downloads
Published
2022-11-04
How to Cite
Hasibuan, C. ., Simbolon, H. ., & Purba, Y. O. . (2022). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Menggunakan Metode Problem Posing dengan Metode Ekspositori di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tapian Dolok T.A 2022/2023 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 102–1011. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8310
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Catherine Hasibuan, Hotman Simbolon, Yoel Octobe Purba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).