Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Memahami Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13270Abstract
Tujuan pembelajaran matematika yaitu membentuk nalar pada diri siswa yang memasarkan melalui kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, jujur, disiplin dalam memecahkan masalah baik dalam bidang matematika maupun bidang yang berkaitan dengan bidang sehari-hari. Rendahnya pemahaman suatu konsep matematika siswa dipengaruhi oleh banyak faktor. Sebagian faktor penyebab yaitu metode dan model pembelajaran yang digunakan guru saat dikelas kurang efektif. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di kelas VIII SMP Swasta Trisakti Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimental semu dan untuk memperoleh data tentang pengaruh pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan instrumen tes dan uji coba. Adapun teknik analisis data adalah uji normalitas , uji homogenitas dan uji hipotesis, hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis data ditemukan bahwa nilai signifikansi 0,803 > 0,05 dan diperoleh thitung > ttabel adalah 4,788 > 2,392. Karena nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 dan thitung > ttabel maka HO ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perubahan pada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas VIII SMP Swasta Trisakti Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023.Perubahan pada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa terlihat dari siswa saat pembelajaran siswa aktif dengan cara menemukan dirinya sendiri, menyendiri, maka hasil yang diperoleh akan setia dan tahan lama dalam ingatan, tidak akan mudah dilupakan oleh siswa. Sehingga terbukti penggunaan model pembelajaran sangat mempengaruhi proses pembelajaran. Maka pada penelitian ini dapat diartikan terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika Siswa di kelas VIII SMP Swasta TriSakti Pematangsiantar Tahun Ajaran 2022/2023.Downloads
Published
2023-03-26
How to Cite
Manalu, . B. M. ., Siahaan , T. M. ., & Novatrasio, . G. . (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Memahami Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1780–1787. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13270
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Betri Maria Manalu, Theresia Monika Siahaan , Golda Novatrasio
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).