Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 124394 Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8253Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada subtema 1 bagaimana tubuh mengolah makanan di kelas V SDN 124394 Pematang Siantar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Hasil analisis uji instrument diperoleh bahwa instrumen valid dan reliabel, selain itu dari hasil perhitungan analisis data diperoleh bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen. Hipotesis penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada subtema 1 bagaimana tubuh mengolah makanan di kelas V SDN 124394 Pematang Siantar. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji t maka dapat disimpulkan hipotesis diterima. Yakni thitung sebesar 20,164 lebih besar dari pada ttabel yakni 2,011. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak-pihak terkait seperti guru, siswa serta para peneliti selanjutnya.Downloads
Published
2022-11-03
How to Cite
Sinaga, C. ., Sinaga, C. V. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 124394 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 801–812. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8253
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Citrayani Sinaga, Christa Voni Sinaga, Yanti Arasi Sidabutar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).