Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Tema 3 Subtema 2 Wujud Benda pada Siswa Kelas III SD Negeri 097522
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7855Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Tema 3 Subtema 2 Wujud Benda Pada Siswa Kelas III SD Negeri 097522 Perumnas Batu VI Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan yaitu pre-eksperimental design tipe one-group pretest-posttes design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 097355 Perumnas Batu VI yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 6 laki-laki dan 15 perempuan dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang ada sebanyak 21 siswa. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes pre-test dan tes post-test yang terlebih dahulu telah dilakukan uji validasi, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Berdasarkan hasil analisis data nilai post-test dengan menggunakan uji-t Paired Samples Test yaitu di dapat nilai signifikansi lebih kecil dari nilai ? (0,000 < 0,05). Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar tema 3 subtema 2 wujud benda pada siswa kelas III SD Negeri 097522 Perumnas Batu V.Downloads
Published
2022-10-23
How to Cite
Dhelafani, S. ., Sinaga, C. V. ., & Thesalonika, E. . (2022). Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Tema 3 Subtema 2 Wujud Benda pada Siswa Kelas III SD Negeri 097522 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7094–7104. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7855
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sonia Dhelafani, Christa Voni Sinaga, Emelda Thesalonika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).