Analisis Kemampuan Menulis Puisi Kelas IV MI Bani Asyfa Kabupaten Tangerang

Authors

  • Ita Utami Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dilla Fadhillah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Blewuk Setyo Nugroho Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6701

Abstract

Ita Utami, program studi pendidikan guru sekolah dasar (PGSD), fakultas ilmu keguruan dan ilmu pendidikan, universitas muhammadiyah tangerang. Judul skripsi , analisis kemampuan menulis puisi kelas IV MI Bani asyfa kabupaten tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan mendeskripsikan kemampuan dalam menulis puisi kelas IV MI Bani asyfa kabupaten tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu metode yang melibatkan peneliti secara langsung untuk mengamati objek yang sedang di teliti. Kemudian data yang terkumpul dari hasil penelitian dideskripsikan dalam bentuk kata-kata. adapun pengolahan data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Berdasarkan 23 siswa dari hasil tulisan yang telah dianalisis pada kemampuan menulis puisi siswa pada aspek kesesuaian tema dan isi memperoleh 67 termasuk ke dalam kategori cukup, aspek imajinasi memperoleh 45 termasuk kategori kurang dan kata imaji yang digunakan yaitu citraan pengelihatan, perasaan,  pendengaran, pada aspek pendayagunaan majas memperoleh 46 termasuk ke dalam kategori kurang, pada aspek rima/ritma memeproleh 49 termasuk kedalam kategori kurang, aspek kesesuaian tema dan isi memperoleh 85 termasuk ke dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi siswa kelas IV MI Bani Asyfa Kabupaten Tangerang dalam kategori masih rendah karena di beberapa aspek di bawah rata-rata seperti aspek pengimajinasian, aspek pendayagunaan majas, dan aspek rima/ritma.

Downloads

Published

2022-09-09

How to Cite

Utami, I. ., Fadhillah, D. ., & Nugroho, B. S. . (2022). Analisis Kemampuan Menulis Puisi Kelas IV MI Bani Asyfa Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 852–858. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6701