Gambaran Sarana dan Prasarana Bimbingan dan Konseling di Beberapa Sekolah/Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6703Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keadaan sarana dan parasarana bimbingan dan konseling di sekolah tingkat SMP dan SMA baik itu Negeri ataupun agama (MTS dan MAN). Kelengkapan sarana dan prasarana mampu memberikan andil yang cukup besar terhadap keefektifan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di seluruh elemen. Hal ini pula yang mendorong pemerintah mengeluarkan standar pelayanan minimal BK di satuan pendidikan dalam Permendikbud No 111 Tahun 2014. Metode yang digunakan model survei dan observasi Subjek penelitian sebanyak 4 sekolah/madrasah yaitu 2 MAN, 1 SMA Negeri dan 1 MTS yang tersebar dalam beberapa Kabupaten di Sumatera Utara, Indonesia. Teknik analisis data menggunakan menggunakan statistik deksriptif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Seluruh sekolah telah memiliki ruang kerja bimbingan dan konseling, (2) Seluruh sekolah memiliki ruang administrasi, (3) Ketersediaan ruang konseling individu 1 sekolah sedangkan 3 sekolah belum memiliki, (4) Seluruh sekolah belum memiliki ruang bimbingan dan konseling kelompok, (5) Seluruh sekolah memiliki dokumen program bimbingan dan konseling berupa program tahunan, semester dan harian.(6) Seluruh sekolah telah memiliki alat pengumpul data baik tes maupun non tes, (7) Kelengkapan penunjang teknis masih belum tersedia secara keseluruhan seperti perangkat elektronik, blanko surat.Downloads
Published
2022-09-09
How to Cite
Harahap, A. C. P. ., Sofia, R. ., Lestari, S. ., Jumiarti, S. ., & Hamidah, S. . (2022). Gambaran Sarana dan Prasarana Bimbingan dan Konseling di Beberapa Sekolah/Madrasah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 866–870. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6703
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ade Chita Putri Harahap, Revianda Sofia, Sekar Lestari, Seri Jumiarti, Siti Hamidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).