Anak Terlalu Aktif dan Ribut Dikelas (Merubah Perilaku Aktif, Agresif Anak Melalui Layanan Konseling Kelompok )
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6206Abstract
Perilaku agresif pada siswa terjadi karena banyak faktor mempengaruhi atau memperbesar peluang munculnya seperti, faktor biologis, temperamen yang sulit, pengaruh pergaulan yang negative. Berdasarkan penjelasan diatas maka penulis ingin meneliti bagaimana upaya guru bimbingan dan koseling dalam mengatasi perilaku agresif di SD Negeri 102052 Bagan Kuala. Jenis Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di SD Negeri 102052 Bagan Kuala dengan subjek penelitian 5 orang siswa kelas 5 SD. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Siswa yang dijadikan subjek dipilih secara random siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling dimana peneliti menentukan pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan penelitian. Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut adalah ditemukannya cara menangani perilaku agresif yaitu dengan melakukan upaya untuk melakukan intervensi mendahului kesadaran akan kebutuhan pemberian bantuan. Upaya pembentukan kelompok belajar, bimbingan kelompok, bimbingan individu dan kegiatan ekstrakurikuler, kesemuanya itu merupakan bagian dari rangkaianupaya preventif. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa keberadaan guru pembimbing disekolah sangat urgen. Namun, mengatasi perilaku agresif tidak sama dengan mengobati suatu penyakit.Downloads
Published
2022-08-21
How to Cite
Harahap, A. C. P. ., Susmita, T. M. ., & Kartika, Y. D. . (2022). Anak Terlalu Aktif dan Ribut Dikelas (Merubah Perilaku Aktif, Agresif Anak Melalui Layanan Konseling Kelompok ). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4674–4679. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6206
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ade Chita Putri Harahap, Tiya Modi Susmita, Yuni Dwi Kartika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).