Anak Terlalu Aktif dan Ribut Dikelas (Merubah Perilaku Aktif, Agresif Anak Melalui Layanan Konseling Kelompok )

Authors

  • Ade Chita Putri Harahap Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Tiya Modi Susmita Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Yuni Dwi Kartika Universitas Islam Negeri Sumatra Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6206

Abstract

Perilaku agresif pada siswa terjadi karena banyak faktor mempengaruhi atau memperbesar peluang munculnya seperti, faktor biologis, temperamen yang sulit, pengaruh pergaulan yang negative. Berdasarkan penjelasan diatas maka penulis ingin meneliti bagaimana upaya guru bimbingan dan koseling dalam mengatasi perilaku agresif di SD Negeri 102052 Bagan Kuala. Jenis Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di  SD  Negeri 102052 Bagan Kuala dengan subjek penelitian 5 orang siswa kelas 5 SD. Metode   pengumpulan   data    menggunakan    observasi, wawancara dan dokumentasi. Siswa yang dijadikan subjek dipilih secara random siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling dimana peneliti menentukan pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan penelitian. Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut adalah ditemukannya cara menangani perilaku agresif yaitu dengan  melakukan  upaya untuk melakukan intervensi mendahului kesadaran akan kebutuhan pemberian bantuan. Upaya pembentukan kelompok belajar, bimbingan kelompok, bimbingan individu dan kegiatan ekstrakurikuler, kesemuanya itu merupakan bagian dari rangkaianupaya preventif. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa keberadaan guru pembimbing disekolah sangat urgen. Namun, mengatasi perilaku agresif tidak sama dengan mengobati suatu penyakit.

Downloads

Published

2022-08-21

How to Cite

Harahap, A. C. P. ., Susmita, T. M. ., & Kartika, Y. D. . (2022). Anak Terlalu Aktif dan Ribut Dikelas (Merubah Perilaku Aktif, Agresif Anak Melalui Layanan Konseling Kelompok ). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4674–4679. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6206

Most read articles by the same author(s)