Mahasiswa Laki-Laki Dan Perempuan Dalam Perspektif Academic Burnout
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5731Abstract
Academic burnout berhubungan dengan berbagai masalah akademik mahasiswa yang berakibat pada performa dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tingkat academic burnout pada mahasiswa serta melihat perbedaan academic burnout pada mahasiswa laki-laki dan perempuan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis deskriptif komparatif. Sampel penelitian 135 mahasiswa laki-laki dan 328 mahasiswa perempuan. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen skala academic burnout. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif untuk mengetahui tingkat academic burnout mahasiswa serta independent sample t-test untuk mengetahui perbedaan academic burnout mahasiswa laki-laki dan perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan academic burnout mahasiswa berada pada kategori sedang dengan tingkat pencapaian hasil perindikator exhaustions pada mahasiswa laki-laki dan perempuan berada pada kategori sedang, indikator cynicism pada mahasiswa laki-laki dan perempuan berada pada kategori sedang, dan indikator inefficacy pada mahasiswa laki-laki berada pada kategori tinggi sedangkan pada mahasiswa perempuan berada pada kategori sedang. Hasil temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada academic burnout antara mahasiswa laki-laki dan perempuan.Downloads
Published
2022-08-08
How to Cite
Simarmata, S. W. ., Nengsih, N., Harahap, A. C. P. ., & Batubara, A. . (2022). Mahasiswa Laki-Laki Dan Perempuan Dalam Perspektif Academic Burnout . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2747–2753. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5731
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sari Wardani Simarmata sari, Nengsih Nengsih, Ade Chita Putri Harahap, Azizah Batubara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).