Mahasiswa Laki-Laki Dan Perempuan Dalam Perspektif Academic Burnout

Authors

  • Sari Wardani Simarmata STKIP BUDIDAYA
  • Nengsih Nengsih Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Langsa,
  • Ade Chita Putri Harahap Bimbingan Konseling Pendidikan Islam UINSU Medan
  • Azizah Batubara STKIP Budidaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5731

Abstract

Academic burnout berhubungan dengan berbagai masalah akademik mahasiswa yang berakibat pada performa dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tingkat academic burnout pada mahasiswa serta melihat perbedaan academic burnout pada mahasiswa laki-laki dan perempuan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis deskriptif komparatif. Sampel penelitian 135 mahasiswa laki-laki dan 328 mahasiswa perempuan. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen skala academic burnout. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif untuk mengetahui tingkat academic burnout mahasiswa serta independent sample t-test untuk mengetahui perbedaan academic burnout mahasiswa laki-laki dan perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan academic burnout mahasiswa berada pada kategori sedang dengan tingkat pencapaian hasil perindikator exhaustions pada mahasiswa laki-laki dan perempuan berada pada kategori sedang, indikator cynicism pada mahasiswa laki-laki dan perempuan berada pada kategori sedang, dan indikator inefficacy pada mahasiswa laki-laki berada pada kategori tinggi sedangkan pada mahasiswa perempuan berada pada kategori sedang. Hasil temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada academic burnout antara mahasiswa laki-laki dan perempuan.

Downloads

Published

2022-08-08

How to Cite

Simarmata, S. W. ., Nengsih, N., Harahap, A. C. P. ., & Batubara, A. . (2022). Mahasiswa Laki-Laki Dan Perempuan Dalam Perspektif Academic Burnout . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2747–2753. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5731

Most read articles by the same author(s)