Komik Pendidikan Berorientasi Children Learning In Science Pada Muatan IPA Di Sekolah Dasar

Authors

  • Putri Nurlaila Universitas Jambi
  • Salma Pratiwi Agustin Universitas Jambi
  • Syahrial Syahrial Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4289

Abstract

Penelitian pengembangan media pembelajaran komik pendidikan dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran khusus komik pendidikan di SD. Hal ini menyebabkan siswa kurang tertarik terhadap materi dalam buku teks dan sulit memahami materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik pendidikan berorientasi children learning in science pada muatan IPA kelas IV SDN 13/I Muara Bulian. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Borg & Gall yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap pengumpulan informasi, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, dan tahap validasi dan uji coba. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan kuisioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek yang terlibat dalam pengembangan komik adalah 3 orang ahli, 3 siswa pada tahap uji perorangan, dan 9 siswa pada tahap uji kelompok kecil. Hasil pengujian menunjukkan bahwa validitas aspek isi komik sebesar 92,3% (sangat baik), validitas aspek desain 94,2% (sangat baik, validitas aspek media 95,5% (sangat baik). Hasil uji perorangan dan kelompok kecil diperoleh 91,7% (sangat baik) dan 91,3% (sangat baik). Dengan demikian komik pendidikan berorientasi children learning in science dinilai sangat valid dan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran muatan IPA di kelas IV SDN 13/I Muara Bulian.

Downloads

Published

2022-05-18

How to Cite

Nurlaila, . P. ., Agustin, S. P. ., Syahrial, S., & Noviyanti, S. . (2022). Komik Pendidikan Berorientasi Children Learning In Science Pada Muatan IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 179–187. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4289

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>