Pembelajaran Ips Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Eunike Gracella Hasibuan Universitas Jambi
  • Putri Afdiya Universitas Jambi
  • Rekhano Andria Parastu Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4283

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran IPS berdasarkan kurikulum 2013 di kelas IV SDN 34/I Teratai, serta kendala guru dalam menerapkan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di kelas IV SDN 34/I Teratai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru kelas, dan siswa. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran IPS berdasarkan Kurikulum 2013 telah berjalan dengan baik melalui tahap persiapan, sampai tahap evaluasi. Penerapan Kurikulum 2013 sudah dilaksanakan di kelas IV, yang artinya sudah diterapkan dengan menggunakan Kurikulum 2013. Kendala guru dalam menerapakan kurikum 2013 yang ditemui terkait dengan alokasi waktu, penguasaan kelas dan media pembelajaran, keaktifan peserta didik, cakupan materi dan kompetensi guru dalam penilaian ketrampilan. Upaya mengatasi kendala dalam pelaksanaan kurikulum 2013 yaitu dengan melakukan peningkatkan kompetensi guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan Kurikulum 2013.

Downloads

Published

2022-05-17

How to Cite

Hasibuan, E. G., Afdiya, P. ., Parastu, R. A. ., & Noviyanti, S. . (2022). Pembelajaran Ips Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 159–165. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4283

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>